SOLOPOS.COM - Ilustrasi Anggaran (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan program pembangunan RTLH.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelontorkan anggaran sebesar Rp1,6 triliun lebih ke 33 provinsi pada 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggaran itu untuk merealisasikan program pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH).

Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Jendral Perumahan Swadaya Kemen-PU PR, Sumarno, seusai memberikan sosialisasi program bantuan sosial perumahan swadaya (BSPS) di Tulungagung, Senin (24/10/2016), mengatakan target pembangunan RTLH secara nasional tahun 2016 ini sebanyak 94.000 unit.

Ekspedisi Mudik 2024

“RTLH itu tersebar di kabupaten/kota di 33 provinsi kecuali DKI Jakarta,” kata dia.

Ia menjelaskan 98 persen program bantuan perumahan swadaya berupa renovasi yang diberikan dalam bentuk material barang/bangunan, seperti semen, bata merah/batako, genteng, kayu, dan sebagainya.

Sementara untuk ongkos tenaga kerja dan kelebihan pagu pekerjaan fisik, kata dia, jika melebihi volume bantuan, sepenuhnya menjadi beban pemilik rumah bersangkutan.

“Besaran bantuan BSPS ini bervariasi, ada kualitas ringan dengan besaran subsidi sebesar Rp7,5 juta, sedang sebesar Rp10 juta, dan berat sebesar Rp15 juta. Bergantung pengajuan dan hasil verifikasi lapangan,” ujar Sumarno.

Dari total 94.000 unit RTLH yang masuk target pekerjaan BSPS selama kurun 2016, kata Sumarno, sebanyak 93.000 di antaranya berupa pekerjaan renovasi.

Sementara sisanya sebanyak 1.000 unit merupakan bantuan pembangunan baru dengan syarat keluarga atau pasangan suami-istri tidak mampu yang masih hidup menumpang di orang tua, sewa/kontrak, namun sudah memiliki lahan untuk pendirian rumahnya.

“Tapi di Tulungagung tidak ada. Besar bantuan pembangunan unit rumah baru ini sebesar Rp30 juta,” kata dia.

Menurut penjelasan Sumarno, program BSPS atau perumahan swadaya itu sudah dirintis sejak 2006 sebagai bagian dari kebijakan millenium development goals pemerintah pusat untuk pengentasan kemiskinan secara nasional.

Hasilnya, secara bertahap volume RTLH melalui program perumahan swadaya terus berkurang.

Dari total target RTLH yang awalnya tercatat mencapai 3,7 juta unit, secara bertahap jumlah tersebut terus berkurang dan Pemerintah Joko Widodo atau Jokowi menargetkan penurunan volume rumah tidak layak huni hingga kisaran satu juta unit pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya