Tutup Iklan
Foto penampakan matahari serupa labu ukir Halloween. (Twitter/@NASA)

Solopos.com, SOLO – NASA membagikan foto matahari menyerupai lagu Jack O’Lantern, Senin (28/10/2019). Dalam foto itu matahari didominasi warna gelap dengan cahaya terang menyerupai wajah menyeramkan seperti labu ukir dalam tradisi Halloween.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat itu menjelaskan, foto matahari menyeramkan diambil pada 8 Oktober 2014. Foto tersebut merupakan perpaduan 171 dan 193 cahaya angstrom yang ditangkap Solar Dynamics Observatory.

NASA menjelaskan, matahari dalam foto tersebut berbentuk menyerupai lagu ukir lantaran bagian inti terangnya menabrak galaksi lain. Menurut NASA, bagian yang menyerupai mata merupakan inti terang galaksi yang bertabrakan.

Dikutip dari The Independent, Rabu (30/10/2019), daerah aktif matahari tampak lebih terang lantaran memancarkan lebih banyak cahaya dan energi. “Mereka adalah penanda dari serangkaian medan magnet yang intens dan kompleks yang melayang-layang di atmosfer matahari korona,” terang NASA.

Sementara garis wajah merupakan bintang biru muda. Sedangkan gumpalan bintang baru lainnya membentuk hidung dan mulut. Jadilah foto tersebut serupa dengan labu ukur Jack O’Lantern.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten