Penampakan Kebakaran Hutan Amazon dari Luar Angkasa

Kebakaran hutan Amazon di Brasil terlihat hingga ke luar angkasa. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan foto kepulan asap akibat kebakaran hutan hujan tropis tersohor di dunia itu lewat akun resmi Twitter-nya, Rabu (21/8/2019).

Penampakan Kebakaran Hutan Amazon dari Luar Angkasa

SOLOPOS.COM - Kebakaran hutan Amazon di Brasil. (Reuters-Ueslei Marcelino)

Solopos.com, AMAZON – Kebakaran hutan Amazon di Brasil terlihat hingga ke luar angkasa. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan foto kepulan asap akibat kebakaran hutan hujan tropis tersohor di dunia itu lewat akun resmi Twitter-nya, Rabu (21/8/2019).

NASA menjelaskan gambar warna-warni dalam foto viral itu merupakan asap kebakaran hutan Amazon di beberapa negara bagian Brasil. Gambar itu dikumpulkan menggunakan instrumen Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS), Selasa (20/8/2019).

Dikutip dari New York Times, Jumat (23/8/2019), kebakaran hutan Amazon mengancam paru-paru dunia. Kebakaran tersebut berasal dari api yang sengaja dibuat. Sebab, hampir sepanjang tahun ini udara di Brasil cukup lembap.

Lambatnya penanganan kebakaran hutan Amazon menjadikan Presiden Brasil, Jair Bolsanaro, sasaran kritik. Mengutip Reuters, sejak menjabat pada Januari 2019, Presiden Jair Bolsonaro dituding merusak hutan Amazon.

Tudingan itu semakin kuat setelah negara bagian Amazonas, Brasil mengumumkan keadaan darurat sejak awal Agustus 2019 akibat kebakaran hutan Amazon.

Di tengah kritikan itu, Presiden Jair Bolsanaro meminta dunia tidak ikut campur soal kebakaran hutan Amazon. Dia sangat marah melihat banyak pemimpin negara lain ikut berkomentar tentang musibah tersebut. Dia juga menyebut Brasil tidak memiliki sumber daya untuk mengendalikan kebakaran.

“Amazon lebih besar dari Eropa. Bagaimana Anda melawan kriminal penyebab kebakaran di daerah seperti itu? Kami tidak punya sumber daya untuk itu,” terang Presiden Jair Bolsanaro.

Sementara itu, kebakaran hutan Amazon memang terus menjadi sorotan dunia. Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Sektretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyatakan keprihatinan lewat Twitter masing-masing. Mereka menegaskan hutan Amazon adalah benteng penting terhadap perubahan iklim dunia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.

Warga Karangudi Jadi Korban ke-19 yang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Warga Desa Karangudi, menjadi korban meninggal tersetrum jebakan tikus berlistrik ke-19 dalam kurun waktu dua tahun terakhir di Sragen.