Penampakan Kebakaran Hutan Amazon dari Luar Angkasa

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, AMAZON – Kebakaran hutan Amazon di Brasil terlihat hingga ke luar angkasa. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan foto kepulan asap akibat kebakaran hutan hujan tropis tersohor di dunia itu lewat akun resmi Twitter-nya, Rabu (21/8/2019).

NASA menjelaskan gambar warna-warni dalam foto viral itu merupakan asap kebakaran hutan Amazon di beberapa negara bagian Brasil. Gambar itu dikumpulkan menggunakan instrumen Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS), Selasa (20/8/2019).

Dikutip dari New York Times, Jumat (23/8/2019), kebakaran hutan Amazon mengancam paru-paru dunia. Kebakaran tersebut berasal dari api yang sengaja dibuat. Sebab, hampir sepanjang tahun ini udara di Brasil cukup lembap.

Lambatnya penanganan kebakaran hutan Amazon menjadikan Presiden Brasil, Jair Bolsanaro, sasaran kritik. Mengutip Reuters, sejak menjabat pada Januari 2019, Presiden Jair Bolsonaro dituding merusak hutan Amazon.

Tudingan itu semakin kuat setelah negara bagian Amazonas, Brasil mengumumkan keadaan darurat sejak awal Agustus 2019 akibat kebakaran hutan Amazon.

Di tengah kritikan itu, Presiden Jair Bolsanaro meminta dunia tidak ikut campur soal kebakaran hutan Amazon. Dia sangat marah melihat banyak pemimpin negara lain ikut berkomentar tentang musibah tersebut. Dia juga menyebut Brasil tidak memiliki sumber daya untuk mengendalikan kebakaran.

“Amazon lebih besar dari Eropa. Bagaimana Anda melawan kriminal penyebab kebakaran di daerah seperti itu? Kami tidak punya sumber daya untuk itu,” terang Presiden Jair Bolsanaro.

Sementara itu, kebakaran hutan Amazon memang terus menjadi sorotan dunia. Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Sektretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyatakan keprihatinan lewat Twitter masing-masing. Mereka menegaskan hutan Amazon adalah benteng penting terhadap perubahan iklim dunia.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Peta Jalan Indonesia Digital bagi Generasi Muda sebagai Game Changer Masa Depan

Salah satu agenda besar yang menjadi prioritas Pemerintah untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. tersebut adalah peningkatan kualitas SDM terutama pada generasi muda.

Daftar 25 Wilayah Rawan Tsunami di Pulau Jawa, 4 di Jateng Termasuk Wonogiri

Inilah 25 wilayah di Pulau Jawa yang memiliki potensi rawan bencana tsunami dan gempa bumi.

Repatriasi Warga Australia di Bali

Sekitar 186 orang warga negara Australia kembali ke negaranya

Potensi Tsunami 33,5 Meter di Wonogiri, 6 Pantai Ini Berpotensi Terdampak

Wonogiri menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana tsunami dengan ketinggian hingga 33,5 meter.

Top! Ini 5 Media Online Paling Dipercaya Publik

Hasil penelitian kali ini membahas tentang lima media massa online yang paling dipercaya publik, khususnya kaum marginal.

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Pimpinan MIT Ali Kalora Tewas Tertembak, Ini Foto-Foto Barang Bukti yang Ditemukan

Kontak tembak terjadi Sabtu (19/9/2021) antara Satgas Madago Raya dan kelompok teroris MIT Poso

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Voice Note di Whatsapp Kok Terdengar Lebih Cepat? Kenali Cara Ubah Setelannya

Kenali setelan kecepatan pemutaran pesan suara/voice note pada aplikasi Whatsapp.

Ali Kalora Ditembak Mati Satgas Madago Raya, Mahfud Md Minta Masyarakat Tenang

Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Ali Kalora, tewas ditembak Satgas Madago Raya. Menko Polhukam Mahfud Md meminta masyarakat tetap tenang.

Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Kuliner Pekalongan berupa pindang tetel menjadi sajian yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana, karena rasanya yang lezat tiada duanya.

Wajib Tahu! Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Tahukah Anda kali ini membahas tentang sederet manfaat aplikasi PeduliLindungi.

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.