SOLOPOS.COM - Jembatan Cikubang merupakan jembatan kereta terpanjang di Indonesia (PT KAI)

Solopos.com, SOLO — Bagi travelers yang suka menggunakan moda transportasi kereta api, Jembatan Cikubang di Kampung Babakan Rongga, Cipatat, Bandung Barat, tentu sudah melegenda. Jembatan ini merupakan jembatan kereta terpanjang di Tanah Air.

Jembatan Cikubang menjadi bagian dari jalur kereta api Jakarta-Bandung. Menurut buku Sejarah Perkeretapian di Indonesia Jilid 2, pada ruas Purwakarta menuju Padalarang sepanjang 56 km saja terdapat setidaknya 400 jembatan pendek dan panjang. Salah satunya adalah Jembatan Cikubang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain merupakan nama sebuah sungai yang mengalir di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Cikubang juga dikenal karena terdapat sebuah jembatan baja khusus untuk jalur kereta. Kita akan berjumpa dengan jembatan ini selepas melewati Stasiun Sasaksaat.

Pemkab Karanganyar Fasilitasi Pehobi Tanaman Hias Dapat Cuan

Struktur Jembatan Cikubang berdiri kokoh setinggi 80 meter dari dasar pondasinya. Sosok Jembatan Cikubang dengan bentang sepanjang 300 meter ini ditopang struktur 11 pilar baja yang beratnya rata-rata 122 ton serta panjang bentang bervariasi antara 12-50 meter.

Dikutip dari laman resmi PT KAI, Jembatan Cikubang dibangun mulai 1902. Pada tanggal 2 Mei 1906 Jembatan Cikubang dibuka untuk umum bersamaan dengan peresmian jalur Purwakarta-Padalarang.

Proses pembangunan Jembatan Cikubang. (Sumber: Kitlv.nl)
Proses pembangunan Jembatan Cikubang. (Kitlv.nl)

Berdasarkan jenisnya, jembatan kereta terpanjang ini termasuk jembatan dinding, yakni jembatan dimana muatan tidak dipikulkan langsung pada rasuk-rasuknya melainkan dengan perantaraan rasuk memanjang dan rasuk melintang kepada rasuk-rasuknya.

Misteri Pohon Beringin Berselimut Kain Bali di Tikungan Tawangmangu Karanganyar

Jembatan kereta terpanjang di Indonesia ini ini berdiri menjulang di tengah lembah dan perbukitan hijau Panyaungan serta areal persawahan milik warga. Di tiap-tiap pilar jembatan berkode BH 513 ini terdapat tangga kontrol yang digunakan petugas kereta untuk mengecek kondisi rel. Terdapat pula 16 dek darurat di masing-masing sisi jembatan.

Jalur Selatan Jawa

Tak jauh dari Jembatan Cikubang terdapat jembatan sejenis bernama Cirangrang dan Batu Kerut. Material baja pada Jembatan Cikubang dan beberapa jembatan sejenis di sekitarnya didatangkan dari Eropa melalui Pelabuhan Tanjungpriok serta Pelabuhan Cilacap.

Sebagaimana dilansir dari laman indonesia.go.id, beberapa waktu lalu, Jembatan Cikubang yang telah berusia 114 tahun adalah jembatan kereta aktif terpanjang yang ada di Indonesia saat ini. Keanggunan Jembatan Cikubang akan makin tampak saat sebuah rangkaian kereta melintas.

Keadaan Jembatan Cikubang sekitar tahun 1910. (Sumber: Tropenmuseum.nl
Keadaan Jembatan Cikubang sekitar tahun 1910. (Tropenmuseum.nl)

Pemerhati sejarah dan budaya dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Agus Mulyana mengatakan kehadiran jembatan kereta terpanjang di Indonesia ini untuk melengkapi arti penting jalur Jakarta-Bandung dan Padalarang-Purwakarta termasuk menuju arah selatan Jawa.

Tetap Mudah Lapor E-Filing PPN setelah E-Faktur 3.0 Diterapkan

Menurutnya, pembangunan jalan kereta merupakan bagian dari perubahan teknologi transportasi pada masanya. Apalagi pembangunan kereta di tanah Priangan oleh Kolonial Hindia Belanda lebih banyak dilatarbelakangi untuk kepentingan ekonomi.

Selain sebagai lintasan utama mengangkut penumpang, kereta juga dipakai untuk membawa hasil perkebunan seperti kina dan teh. Begitu pula ketika mulai digunakannya lokomotif jenis diesel untuk menggantikan lokomotif uap pada jalur Jakarta-Bandung di era akhir 1950.

Djawatan Kereta Api, cikal bakal PT Kereta Api Indonesia (KAI), mulai melakukan penguatan struktur jembatan di Pulau Jawa, termasuk Jembatan Cikubang. Penguatan struktur ini juga dilakukan pada 1953 dengan menambah penopang baja pada pilar-pilar Jembatan Cikubang.

Hilang 3 Tahun, 240 Buku Antik Senilai 46,5 Miliar yang Dicuri Telah Kembali

Penguatan struktur itu di kemudian hari semakin dirasakan manfaatnya untuk menyambut makin bertambahnya jumlah kereta yang lalu lalang di lintas ini setiap harinya.

Dalam catatan PT KAI, sebelum pandemi Covid-19, setidaknya dalam sehari terdapat 17 rangkaian kereta melakukan perjalanan rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Itu belum termasuk sedikitnya 20 perjalanan kereta untuk lintas luar Jakarta-Bandung yang akan melintasi jembatan kereta terpanjang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya