Penampakan Ikan Tanpa Ekor di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Dew Wijck

Nelayan di Lamongan menyebut lokasi tenggelamnya kapal van der Wijck angker karena banyak penampakan, seperti ikan besar tanpa ekor.

 Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

SOLOPOS.COM - Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

Solopos.com, LAMONGAN — Lokasi tenggelamnya kapal van der Wijck di perairan Lamongan, Jawa Timur, dikenal angker. Saking angkernya, warga sekitar tidak berani menyelam di lokasi tersebut.

PromosiJejak Pasukan Penyerang Singasari di Seputar IKN Nusantara

Hal itu disampaikan salah satu penyelam yang ikut mengeksplorasi kapal tersebut, Faizin. Menurut cerita warga setempat, banyak kejadian aneh yang mereka alami saat menyelam di sekitar lokasi tersebut.

“Banyak warga sejak dulu meyakini bahwa di sekitar lokasi kapal tenggelam itu memang angker,” kata Faizin usai menerima penghargaan dari Bupati Lamongan atas keikutsertaannya dalam eksplorasi, Kamis (21/10/2021), seperti dilansir Detikcom.

Baca juga: Horor! Ini Cerita Penyelam di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Sebagai informasi, bangkai kapal van der Wijck yang tenggelam pada 1936 kini sudah ditemukan. Namun karena lokasinya yang dianggap angker, maka banyak warga lokal yang tidak bersedia diajak menyelam membantu tim arkeolog untuk menguak keberadaan bangkai kapal.

Faizin bahkan mengaku mengalami kejadian aneh saat menyelam. Dia mengatakan bahwa melihat penampakan ikan barakuda yang tidak utuh karena hanya bagian kepala hingga sirip tengah saja yang tampak.

“Ada 2 sesi menyelam selama sehari itu. Dan ikan ini saya lihat saat sesi kedua,” kata Faizin.

Baca juga: Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak – Kelabang Raksasa

Faizin juga mengungkapkan, ikan barakuda itu ukurannya sangat besar. Seukuran manusia dewasa dengan panjang sekitar 5 meter. Namun tidak ada bagian buntutnya.

“Saat menyelam itu saya menoleh dan melihat penampakan ikan barakuda yang hanya separuh ini,” jelasnya.
Akibat kejadian itu, Faizin pun mengaku tidak berani menyelam lagi di sekitar wilayah tersebut. “Setelahnya saya tidak berani turun lagi, karena saat itu saya hanya menyelam sendiri dan bakal ada yang tidak percaya dengan apa yang saya lihat ini,” lanjutnya.

Kisah misteri yang dialami Faizin dibenarkan oleh Nurwakhid, seorang nelayan lokal. Dia menyebut wilayah penemuan bangkai kapal van der Wijck itu memang dikenal angker.

Baca juga: Karam Sejak 1936, Bangkai Kapal Van Der Wijck Akhirnya Ditemukan

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melanjutkan eksplorasi bangkai kapal van der wijck yang tenggelam di perairan Lamongan.

Kapal van der Wijck merupakan kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM). Dibuat oleh Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921 yang diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda, yang berkuasa dari tahun 1893 hingga 1899, yang bernama Carel Herman Aart van Der Wijck, yang melayani kawasan perairan di Hindia Belanda.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Begini Kesibukan Klenteng Hwie Ing Kiong Madiun Menyambut Imlek 2573

Umat serta pengurus tempat ibadah rutin membersihkan altar dan rupang di TITD Hwie Ing Kiong Madiun menjelang Imlek 2573.

Pemkot Madiun Gelontorkan Rp4,7 Miliar untuk Lapak UMKM, Banyak Banget?

Pemerintah Kota Madiun bakal mengalokasikan anggaran Rp4,7 miliar untuk pengembangan dan penyempurnaan lapak UMKM yang ada di kelurahan.

KPBU Jilid II, Bupati Ajak Investor Bangun 9.900 Titik APJ di Madiun

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, menggandeng investor untuk ikut membangun alat penerangan jalan di 9.900 titik di Kabupaten Madiun.

Raja Majapahit — Bung Karno Cari Wangsit di Alas Ketonggo Ngawi

Alas Ketonggo di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, merupakan tempat keramat yang menjadi lokasi pertapaan Raden Wijaya dan Bung Karno.

Inikah Lokasi Gerbang Dunia Gaib Gunung Lawu di Alas Ketonggo Ngawi?

Watu Gede di Alas Ketonggo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, diyakini sebagai gerbang menuju ke alam gaib di kawasan Gunung Lawu.

Polres Ponorogo Gagalkan Penjualan 90 Ton Pupuk Bersubsidi Ilegal

Polres Ponorogo menangkap dua tersangka pengedar pupuk bersubsidi ilegal. Mereka mendapatkan pupuk bersubsidi dari Madura sebelum dijual di Ponorogo.

Karyawan Toko Gagalkan Aksi Komplotan Maling di Ponorogo, Ini Ceritanya

Karyawan Toko Top Mode Mlarak di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa berhasil menggagalkan pencurian pakaian yang dilakukan komplotan maling pada Rabu (26/1/2022).

Alas Ketonggo Ngawi, Gerbang Alam Gaib Gunung Lawu?

Kisah misteri tentang Alas Ketonggo di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang diyakini sebagai gerbang menuju alam gaib di Gunung Lawu.

2.500 Paket Sembako Disalurkan ke Warga Madiun

Polres Madiun menggandeng pengusaha produk kecantikan asal Surabaya memberikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19 dan bencana alam.

Destinasi Wisata Kayutangan di Malang Dibersihkan

Pemkot Malang menerjunkan ratusan personel kebersihan untuk membersihkan destinasi wisata koridor Kayutangan.

Pria Lansia Meninggal saat Mancing di Sungai Ponorogo

Seorang pria lanjut usia atau lansia ditemukan tak bernyawa saat mancing di Sungai Buntung, Kabupaten Kulonprogo.

Karakter Ekonomi Madiun Raya Lebih Tangguh Lawan Pandemi Covid-19

Pertumbuhan ekonomi wilayah Madiun Raya selama pandemi Covid-19 dikupas tuntas dalam acara Jagongan Madiun Raya yang digelar Solopos Media Group.

Bejat! Pura-Pura Ajak Meditasi, Guru Tari di Malang Cabuli 10 Anak

Seorang guru tari di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kekerasan seksual atau pencabulan terhadap 10 anak di bawah umur.

Pengakuan Sopir Truk Kontainer Pelaku Tabrak Lari di Tol Madiun

Sopir truk kontainer, pelaku tabrak lari di jalan tol Madiun yang menewaskan dua orang memberikan pengakuan yang mengejutkan.

Ini Ganjaran Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan 2 Orang di Tol Madiun

Sopir truk kontainer pelaku tabrak lari di jalan tol Madiun terancam pidana penjara sembilan tahun dan dicabut SIM-nya.