Tutup Iklan

Penampakan Ikan Tanpa Ekor di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Dew Wijck

Nelayan di Lamongan menyebut lokasi tenggelamnya kapal van der Wijck angker karena banyak penampakan, seperti ikan besar tanpa ekor.

 Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

SOLOPOS.COM - Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

Solopos.com, LAMONGAN — Lokasi tenggelamnya kapal van der Wijck di perairan Lamongan, Jawa Timur, dikenal angker. Saking angkernya, warga sekitar tidak berani menyelam di lokasi tersebut.

Hal itu disampaikan salah satu penyelam yang ikut mengeksplorasi kapal tersebut, Faizin. Menurut cerita warga setempat, banyak kejadian aneh yang mereka alami saat menyelam di sekitar lokasi tersebut.

“Banyak warga sejak dulu meyakini bahwa di sekitar lokasi kapal tenggelam itu memang angker,” kata Faizin usai menerima penghargaan dari Bupati Lamongan atas keikutsertaannya dalam eksplorasi, Kamis (21/10/2021), seperti dilansir Detikcom.

Baca juga: Horor! Ini Cerita Penyelam di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Sebagai informasi, bangkai kapal van der Wijck yang tenggelam pada 1936 kini sudah ditemukan. Namun karena lokasinya yang dianggap angker, maka banyak warga lokal yang tidak bersedia diajak menyelam membantu tim arkeolog untuk menguak keberadaan bangkai kapal.

Faizin bahkan mengaku mengalami kejadian aneh saat menyelam. Dia mengatakan bahwa melihat penampakan ikan barakuda yang tidak utuh karena hanya bagian kepala hingga sirip tengah saja yang tampak.

“Ada 2 sesi menyelam selama sehari itu. Dan ikan ini saya lihat saat sesi kedua,” kata Faizin.

Baca juga: Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak – Kelabang Raksasa

Faizin juga mengungkapkan, ikan barakuda itu ukurannya sangat besar. Seukuran manusia dewasa dengan panjang sekitar 5 meter. Namun tidak ada bagian buntutnya.

“Saat menyelam itu saya menoleh dan melihat penampakan ikan barakuda yang hanya separuh ini,” jelasnya.
Akibat kejadian itu, Faizin pun mengaku tidak berani menyelam lagi di sekitar wilayah tersebut. “Setelahnya saya tidak berani turun lagi, karena saat itu saya hanya menyelam sendiri dan bakal ada yang tidak percaya dengan apa yang saya lihat ini,” lanjutnya.

Kisah misteri yang dialami Faizin dibenarkan oleh Nurwakhid, seorang nelayan lokal. Dia menyebut wilayah penemuan bangkai kapal van der Wijck itu memang dikenal angker.

Baca juga: Karam Sejak 1936, Bangkai Kapal Van Der Wijck Akhirnya Ditemukan

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melanjutkan eksplorasi bangkai kapal van der wijck yang tenggelam di perairan Lamongan.

Kapal van der Wijck merupakan kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM). Dibuat oleh Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921 yang diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda, yang berkuasa dari tahun 1893 hingga 1899, yang bernama Carel Herman Aart van Der Wijck, yang melayani kawasan perairan di Hindia Belanda.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jalan di Jember yang Diblokade Cakades Kalah Dibongkar Polisi

Polisi akhirnya membongkar jalan yang diblokade oleh seorang calon kepala desa yang kalah dalam Pemilihan kepala desa di Jember.

Pembahasan UMK di Jatim Tak Gunakan PP 36 Maupun PP 78

Kepala Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim menyebut Gubernu Jatim akan membuat diskresi soal UMK. Nantinya penentuan UMK tidak mengacu PP 78/2015 maupun PP 36/2021.

Saatnya Piknik, Seluruh Pintu Masuk ke Kawasan Gunung Bromo Dibuka Lur

Empat daerah yang jadi pintu masuk ke Taman Nasional Gunung Bromo PPKM-nya sudah turun ke level 2 sehingga boleh dibuka kembali.

Presiden Jokowi Resmikan 2 Bendungan di Jatim, 7.450 Ha Sawah Aman

Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan di Provinsi Jatim dengan kapasitas total 34 juta meter kubik dan dapat mengairi 7.450 hektare (ha) sawah.

Pria Riau Ngaku Bisa Loloskan CPNS, Duit Miliaran Warga Madiun Amblas

Karyawan swasta asal Riau, NK, 45, menipu 4 orang Madiun dengan modus bisa meloloskan ujian CPNS formasi Pemkot Madiun dengan membayar Rp250 juta per orang.

Peringati HUT PGRI dan HGN, Wali Kota Madiun Dorong Guru Berinovasi

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan guru harus terus mengasah kreativitas dan inovasi dalam melakukan pembelajaran di era digital seperti sekarang.

Gegara Kalah Pilkades, Calon Kades Petahana di Jember Blokade Jalan

Gegara kalah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Jember, calon kepala desa petahana memblokade beberapa jalan.

Seorang Warga Meninggal Tertimbun di Tambang Milik Kades Banyuwangi

Nyawa korban tak tertolong saat ditemukan warga tertimbun tambang pasir yang longsor di Banyuwangi.

Tak Nurut Istri, Petani Malang Ini Tertimbun Longsor Susulan

Petani bernama Cukup asal Kabupaten Malang ditemukan meninggal pada Senin (29/11/2021) setelah tertimpa longsor pada Minggu (28/11/2021).

Peringati Hari Menanam Pohon, 25.000 Bibit Ditanam di Hutan Madiun

Hari Menanam Pohon diperingati warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), dengan menanam pohon di hutan yang kritis.

Capaian Vaksinasi Pelajar di Madiun 90%, Seluruh Sekolah Gelar PTM

Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun menyebut seluruh sekolah telah menggelar pembelajaran tatap muka menyusul capaian vaksinasi pelajar yang berada di angka 90%.

Kisah John Lobo, Guru Katolik di Mojokerto yang Ikut Bangun Masjid

Ini sangat berkesan bagi saya yang sehari-hari berdinas sebagai Guru Agama Katolik di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto.

839 Mahasiswa Unipma Diwisuda, Ini Pesan Rektor dan Wali Kota Madiun

Wali Kota Madiun, Maidi, dan Rektor Unipma, Parji, berpesan kepada 839 wisudawan Unipma supaya dapat mengimplementasikan ilmu kuliah ke dunia kerja.

Mantap! Pemkot Madiun Peringkat Kesatu BKN Award 2021 Kategori Pertama

Pemkot Madiun mendapat penghargaan dalam ajang BKN Award 2021 kategori pertama atau kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun.

Tabrak Sepeda Motor, Bus Restu Terguling di Jalan Madiun

Bus Restu berpelat nomor N 7643 UG terguling di Jalan Raya Madiun-Surabaya, tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Sabtu (27/11/2021).

Mobil Rombongan Santri Jombang Ditabrak Truk di Kediri, 4 Meninggal

Truk tronton yang melaju dari arah selatan ke utara berjalan terlalu ke kanan sebelum akhirnya menabrak Isuzu Elf yang ditumpati para santri dari Jombang. Sopir truk tronton itu kabur.