SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi Penambangan pasir lereng merapi

JIBI/Harian Jogja/Gigih M. HanafiPenambangan pasir lereng merapi

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Bupati Magelang Zaenal Arifin meminta masyarakat mendukung usaha serius pemerintah setempat dalam menertibkan dan menegakkan aturan terkait dengan penambangan pasir dan batu di kawasan Gunung Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penertiban terhadap kegiatan penambangan untuk kepentingan masyarakat, maka masyarakat harus memberikan dukungan,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (26/9/2014).

Ia mengatakan berbagai aturan terkait dengan kegiatan penambangan di kawasan Gunung Merapi harus dipatuhi oleh berbagai pihak terkait.

Ekspedisi Mudik 2024

Jika ada oknum pegawai negeri sipil di lingkungan pemkab setempat yang terlibat dalam kegiatan penambangan secara ilegal di Merapi, katanya, pasti akan mendapat tindakan tegas.

Hingga saat ini, ia belum mendapat laporan terkait dengan dugaan keterlibatan oknum tersebut dalam penambangan secara ilegal dengan menggunakan alat berat di Merapi.

“Akan kami tindak tegas kalau ada oknum yang ‘membackingi’ penambangan ilegal,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Zaenal juga menyatakan akan mengkaji tentang pengalokasian anggaran untuk penertiban aktivitas penambangan di berbagai sungai yang aliran airnya berhulu di Gunung Merapi. Pemkab Magelang mengalokasikan APBD sekitar Rp2,1 miliar untuk operasi penertiban penambangan tersebut.

“Tentu kami akan melakukan kajian dan mencermati kalau memang anggaran itu terlalu besar. Ini baru pertama kali ada penganggaran semacam ini. Tujuan penganggaran itu untuk mengatur penambangan di Merapi,” katanya.

Kepala Seksi Penegak Peraturan Daerah Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Magelang Luis Taribaba mengatakan hingga saat ini terealisasi sekitar 17 persen anggaran untuk kegiatan penertiban tersebut.

“Anggaran dipergunakan sesuai dengan peruntukkannya. Kami siap mempertanggungjawabkan penggunaannya,” katanya.

Koordinator Gerakan Masyarakat Transparansi Kebijakan (Gemasika) Kabupaten Magelang Iwan Hermawan mengemukakan pentingnya komitmen tegas pemkab setempat dalam mengatur kegiatan penambangan di kawasan Gunung Merapi.

“Terkait dengan kebijakan penganggaran itu, yang penting komitmen pemkab untuk tegas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya