SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi Aktivitas penambangan pasir lereng Merapi

JIBI/Harian Jogja/Gigih M. HanafiAktivitas penambangan pasir lereng Merapi

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Forum Masyarakat Peduli Lingkungan di lereng Gunung Merapi di Desa Keningar, Kabupaten Magelang meminta pemerintah setempat mereklamasi lokasi penambangan di desa tersebut menyusul jatuhnya korban jiwa akibat tertimpa longsor di kawasan penambangan.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Kami minta Pemkab Magelang untuk melakukan reklamasi. Selain kejadian longsor tidak terjadi lagi, juga dalam rangka penyelamatan lingkungan dan sumber mata air,” kata Y Sugiyono dari Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Desa Keningar, Kecamatan Dukun di Magelang, Jumat (10/10/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya Kamis (9/10/2014) seorang penambang warga Dusun Gondangrejo Desa Keningar Harno,20, meninggal tertimbun longsor di kawasan penambangan desa tersebut.

“Jangan sampai jatuh korban jiwa lagi. Reklamasi dan penataan kawasan penambangan dengan penghijauan harus segera dilakukan pemerintah. Kalau tidak sekarang kapan lagi,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan Harno merupakan korban meninggal ketiga di lokasi penambangan di wilayah tersebut sejak tahun 2000.

Ia mengatakan reklamasi tidak bisa ditawar lagi. Apalagi saat musim kemarau seperti sekarang sejumlah mata air di wilayah tersebut mengering.

“Bahkan sejumlah sumber air mati diduga akibat maraknya penambangan. Oleh karena itu reklamasi sekaligus penghijuan sangat kami harapkan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Yogyo Susaptoyono meminta Pemkab Magelang untuk memperhatikan permintaan warga.

“Apa yang diminta warga itu saya nilai manusiawi dan memang sesuai dengan kondisi di lapangan, maka sudah menjadi kewajiban Pemkab Magelang untuk memperhatikannya. Dalam waktu dekat, kami akan undang pihak kecamatan dan warga soal ini. Terus terang kami prihatin dengan korban jiwa akibat penambangan tersebut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya