SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Penemuan jenglot menggegerkan warga Dusun Jaten, Sendangsari, Pajangan, Senin (27/8) siang.

Jenglot yang bentuknya menyerupai manusia berukuran mini itu pertama kali ditemukan tiga penambang pasir di Kali Progo yang melintasi Dusun Jaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Benda asing itu tersangkut pada selang penyedot pasir sungai sekitar pukul 11.00 WIB. Semula, kami mengira benda itu semacam udang,” kata Yanto, 50, penambang pasir warga setempat.

Yanto menambahkan, setelah didekati, ternyata benda asing itu serupa patung manusia berjenis kelamin laki-laki.

“Rambutnya beruban dan panjangnya sekitar 30 sentimeter. Rambut itu melilit pada selang,” imbuhnya.

Selain berambut panjang, jenglot juga memiliki sepasang taring di kedua sudut bibirnya. Adapun dari kedua tangannya yang bersedekap, menyembul sepuluh jari mungil berkuku panjang.

Kuku panjang juga terlihat pada sepuluh jari kakinya. Jenglot yang seperti manusia telanjang berkulit hitam itu juga memiliki alis dan bulu kemaluan yang beruban.

Setelah diangkat dari permukaan air bersama dua rekannya, Pardi, 25, dan Yitno, 40, Yanto memutuskan untuk menyimpan jenglot ke dalam toples kaca.

Kabar penemuan jenglot pun dengan cepat tersebar ke warga sekitar. Tak ayal, puluhan warga langsung berbondong-bondong ke tepi sungai untuk menyaksikan benda langka tersebut.

Bahkan, Kapolsek Pajangan AKP Darwis beserta sejumlah anggotanya turut mendatangi lokasi untuk melakukan pengamanan.

Warga Dusun Jaten yang lain, Jiri, menambahkan jenglot itu disepakati untuk dipamerkan di rumah mantan kepala dukuh, Windu.

“Kami sudah menghubungi sejumlah paranormal untuk mohon petunjuk cara merawat jenglot ini. Sementara menunggu kepastian, jenglot akan dipertontonkan,” terang Jikir. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya