SOLOPOS.COM - Desa Gadungan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (Istimewa/visitklaten.com)

Solopos.com, KLATENDesa di Klaten ini memiliki nama yang unik, yakni Desa Gadungan. Desa ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Wedi.

Dilansir dari laman visitklaten.com, Jumat (2/12/2022), Desa Gadungan berada di jantung kecamatan. Desa ini terbagi atas 13 RT dan 5 RW.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Desa Gadungan termasuk desa yang mempunyai pemerintahan yang cukup tua. Bahkan menurut catatan di desa ini sudah ada sejak tahun 1922.

Ekspedisi Mudik 2024

Sesuai dengan namanya Gadungan, ternyata desa ini memang memiliki hubungan dengan ketidakaslian atau kepalsuan. Sejarah penamaan Desa Gadungan terdapat dua versi.

Pertama, konon ada sesepuh desa yang bernama Mbah Gadungan. Lantaran sesepuhnya memiliki nama Mbah Gadungan, nama sesepuh tersebut yang digunakan sebagai nama desa saat pemerintah desa dibentuk.

Baca Juga: UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

Kedua, julukan Mbah Gadungan muncul sebab ia memiliki peliharaan harimau jadi-jadian. Gambar kepala harimau tersebut hingga sekarang masih menjadi simbol desa.

Gadungan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti jadi-jadian, palsu, tidak asli, bukan yang sebenarnya. Mungkin bagi orang luar nama Desa Gadungan terdengar aneh. Tapi tidak bagi warga asli setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya