Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Mundur Sepekan, Apa Penyebabnya?
Timnas Indonesia (Antara-Fikri Yusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Timnas Indonesia senior dan U-19 batal memulai pemusatan latihan/training center (TC) akhir pekan ini.

Hal itu setelah pelatih Shin Tae-yong meminta TC mundur sepekan hingga Sabtu (1/8/2020). PSSI tak menjelaskan secara rinci alasan TC harus diundur meski pemain sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (23/7/2020).

Sehari setelah tiba di Ibu Kota, para pemain juga telah menjalani swab test di Hotel Fairmont, Jakarta, tempat menginap penggawa Timnas. Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan penjadwalan ulang TC merupakan permintaan Shin Tae-yong. “Pelatih akan menyiapkan program latihan perdana pada 1 Agustus,” ujar Yunus seperti dilansir pssi.org, Minggu (26/7/2020).

21 Legislator Harus Karantina Mandiri, DPRD Solo Tunda Rapat Paripurna

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, mengatakan para pemain sementara akan melakukan kegiatan di hotel sembari menunggu hasil swab test. Pihaknya memperkirakan hasil tes akan turun tiga sampai empat hari seusai swab dilakukan yakni Senin (27/7/2020) atau Selasa (28/7/2020).

Jeda sepekan juga akan dimaksimalkan untuk memperbaiki nutrisi pemain. “Terutama kebiasaan saat mereka makan. Sembari menunggu hasil swab, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel,” tutur Syarif.

Protokol Kesehatan

Sejak tiba di hotel, pemain dan ofisial langsung melakukan protokol kesehatan secara ketat yang diawasi tim medis PSSI. Para pemain wajib memakai masker saat keluar kamar, menjaga jarak saat melakukan kegiatan seperti makan, rajin cuci tangan memakai sabun, selalu membawa hand sanitizer, serta pengecekan suhu rutin.

Pada Sabtu (25/7/2020) malam, para pemain sempat ditemui Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum, Iwan Budianto, Plt Sekjen, Yunus Nusi dan Direktur Teknik, Indra Sjafri. Para pejabat federasi memberi motivasi pada pemain yang harus menjalani TC di masa pandemi Covid-19.

Yunus melihat para pemain tampak bersemangat untuk membawa nama baik Indonesia. “Mereka bertekad bekerja keras demi meraih prestasi,” kata dia.

Tak Semua Pemancingan di Wonogiri Tutup, Pemancing Senang

TC di Jakarta digelar sebagai persiapan menghadapi tiga ajang yakni lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020, November-Desember, untuk timnas senior. Adapun Timnas U-19 mempersiapkan diri untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020, Oktober mendatang di Uzbekistan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom