SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Komisi I DPRD Karanganyar menjadwalkan pemanggilan empat lembaga koperasi pelaksana proyek pemugaran rumah bersubsidi di Karanganyar yang bermasalah, pekan depan. Hal itu setelah pemanggilan 15 Camat, Senin (28/6).

Ketua Komisi I DPRD Karanganyar, Moeljono, kepada wartawan menyatakan telah mendapat data-data dari 15 Camat yang diundang, kemarin. Namun demikian data tersebut belum secara menyeluruh karena dari total warga penerima berjumlah 2.643 rumah tangga, yang disetorkan para camat baru sebanyak 1.611 rumah tangga atau mencapai sekitar 60%-nya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Data yang disampaikan itu merupakan hasil koordinasi camat-camat dengan lurah dan Kades (kepala desa) di wilayah masing-masing. Nanti kami cocokkan lagi dengan miliknya koperasi dan dibandingkan pula yang dari Forum Karanganyar Rembug,” ungkapnya seusai pertemuan bersama 15 camat, didampingi Sekretaris Komisi I, Teguh Widayatmo.

Sementara itu Teguh menyebutkan, empat koperasi pelaksana pemugaran rumah bersubsidi di Karanganyar yang akan dipanggil yaitu Koperasi Mekar Surya, Koperasi Respati Manis, KSU Sejahtera, dan Koperasi Sukses Makmur. Empat koperasi itu akan dipanggil secara bersamaan guna mengetahui peran mereka dalam proyek yang kini diketahui bermasalah.

Dia mengemukakan, dari data yang disampaikan para camat, ada di antara warga yang telah membayar uang pendampingan Rp 3 juta dalam proyek itu. Namun setelah berjalan beberapa tahun, rumah mereka tak kunjung diperbaiki juga. “Tetapi untuk kepastian dan detailnya nanti setelah dilakukan kroscek dengan data milik koperasi,” ujarnya menjelaskan.

Pada bagian lain, Ketua Paguyuban Camat se Karanganyar, Yopi Eko Jatiwibowo, menegaskan kesiapannya membantu Komisi I DPRD memperoleh data-data terkait program pemugaran rumah bersubsudi. Namun menurut dia pihaknya mengalami kendala mengingat tidak semua peserta program itu terdaftar melalui pemerintah desa/kelurahan.

“Sejak awal kami hanya membantu menyosialisasikan programnya, karena itu tidak punya data konkritnya. Meski demikian Camat-camat berkomitmen dan siap membantu Komisi I jika ada yang kurang dan membutuhkan kami lagi dalam masalah ini,” janjinya.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya