SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ten (Solopos.com)--Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah (Jateng) sudah menyelesaikan pemugaran Candi Sojiwan di Dukuh Kalongan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Peresmian purnapugar candi budha itu dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, Jumat (16/12/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BP3 Jateng, Tri Hadmaji saat ditemui wartawan di sela-sela acara mengatakan, sebenarnya proses pemugaran Candi Sojiwan sudah dimulai sebelum gempa bumi 2006 silam. Akan tetapi, gempa tersebut memporak-porandakan kembali proses pemugaran Candi Sojiwan yang hampir rampung. Setelah gempa bumi, proses pemugaran candi yang memiliki ketinggian sekitar 27,5 meter itu kembali dilakukan dan baru selesai pada akhir 2011 ini.

Menurutnya, biaya pemugaran Candi Sojiwan otomatis membengkak akibat gempa bumi yang memporak-porandakan candi yang dibangun pada masa Raja Balitung dari Kerajaan Mataram Kuno pada abad IX masehi itu. “Semula kami rencanakan hanya menelan biaya Rp 5 miliar. Namun karena kami harus memulai lagi dari awal akibat gempa, jadi kebutuhan dana membengkak menjadi Rp 8 miliar,” terang Tri.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya