Mobil-mobil pemudik memadati lahan parkir di rest area jalan tol ruas Salatiga-Kartasura km 487 di wilayah Kecamatan Teras, Boyolali, Kamis (30/5/2019). (Solopos.com-Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemudik jalur darat via jalan tol Trans Jawa mulai memadati ruas Salatiga-Kartasura, Kamis (30/5/2019). Sementara itu, banyak pemudik yang memanfaatkan rest area fungsional di km 487 Boyolali.

Berdasar pantauan Solopos.com di jalan tol wilayah Boyolali khususnya dekat pintu keluar tol wilayah Kartasura, Sukoharjo dan rest area Teras, Boyolali, pada H-6 Lebaran ini, kepadatan kendaraan yang melinas di jalur A atau ke arah timur (Jakarta-Surabaya) meningkat dibanding hari sebelumnya.

Jenis kendaraan yang mendominasi adalah mobil roda empat dan berpelat B (Jakarta), F (Bogor), D (Bandung) dan kode pelat lain dari kota di wilayah barat Pulau Jawa. Perwira jaga di Rest Area km 487 jalur A Boyolali, Ipda Sarjono mengakui, kepadatan kendaraan yang melintas di jalan tol kian meningkat seiring mendekati hari-H Labaran. Menurutnya, jumlah kendaraan yang melintas di jalur A jalan tol tersebut rata-rata 60 unit per menit.

“Kepadatan di jalan tol ini sudah mulai meningkat sejak kemarin [Rabu]. Untuk hari ini khususnya siang hari, rata-rata 60 kendaraan per menit,” ujarnya saat ditemui di posko pengamanan rest area yang berada di wilayah Kecamatan Teras ini.

Sementara itu, pemudik via jalan tol ini juga banyak yang memanfaatkan rest area setempat. Area parkir yang tersedia selalu dipenuhi kendaraan pemudik. Umumnya, para pemudik yang datang secara bergantian itu ingin beristirahat di tengah menempuh perjalanan panjang mereka. Pemudik memanfaatkan waktu di rest area untuk makan, salat, tiduran, dan sebagainya di lokasi masing-masing yang tersedia.

Seorang pemudik, Mamaruddin, mengatakan keberadaan rest area fungsional ini sangat membantu pemudik yang ingin beristirahat. Namun dia menilai masih ada fasilitas yang belum maksimal.

“Kamar mandinya kurang bersih, karena mungkin saking banyaknya orang yang pakai. Tempat istirahatnya juga masih terasa panas. Tapi secara umum, rest area ini sudah jauh lebih baik dibandingkan rest area fungsional tahun sebelumnya di wilayah Mudal, Kecamatan Boyolali Kota,” ujar pemudik yang menempuh perjalanan Jarakta-Lombok ini. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten