Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, didampingi GM PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hadi Ariyanto, meninjau arus mudik di Bandara Ahmad Yani, Jumat (31/5/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta maskapai penerbangan Lion Air menurunkan harga tiket pesawatnya. Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau arus mudik Lebaran di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jumat (31/5/2019).

Dalam pantauan itu, Ganjar melihat jumlah pemudik yang menggunakan pesawat saat ini menurun drastis jika dibanding tahun lalu. Jika pada H-6 Lebaran tahun lalu pergerakan pesawat mencapai 136, maka tahun ini hanya mencapai 116 pesawat saja atau turun sekitar 16%.

Selain itu, untuk penumpang pada H-6 Lebaran tahun ini juga mengalami penurunan sebanyak 22%. Tahun 2018 lalu, penumpang pada H-6 Lebaran di Bandara Ahmad Yani mencapai 16.925 orang, sementara tahun ini hanya sebanyak 12.989 orang. Selain itu, penggunaan kargo juga menurun 28% dibanding Lebaran tahun lalu, yakni dari 77.063 kg menjadi 54.013 kg.

Ganjar mengaku mendapat laporan dari PT Angkasa Pura terkait menurunnya jumlah penumpang itu dikarenakan mahalnya harga tiket pesawat. Dari informasi yang diterimanya diketahui bahwa harga tiket pesawat yang masih mahal dan belum mengalami penurunan berasal dari maskapai Lion Air.

"Tadi saya tanya-tanya, harga yang belum bergerak itu Lion Air. Maka dalam kesempatan ini saya minta kepada Lion Air, bantu dong masyarakat. Anda turunkanlah harga tiketnya, agar masyarakat bisa bepergian. Itu juga nanti akan menjadi ibadah Anda," ucap Ganjar.

Selain di Bandara Ahmad Yani, Ganjar juga meninjau lokasi lain yakni Pasar Karangayu untuk memantau stok bahan pangan dan harga serta persiapan mudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Stasiun Tawang.

"Dari pantauan hari ini, semua relatif aman dan lancar. Memang catatannya di bandara, karena peningkatan pemudik belum banyak terlihat, karena mungkin harga tiket mahal. Kalau di pelabuhan dan stasiun sudah terus naik penumpangnya, keamanan juga terjamin," ucapnya.

Sementara soal harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, Ganjar menerangkan bahwa harga-harga masih relatif stabil.

"Memang ada beberapa yang sedikit naik seperti ayam dan daging, namun kenaikannya tidak terlalu tinggi. Secara keseluruhan harga-harga masih aman, dan saya tadi juga tanya soal ketersediaan barang, para pedagan mengatakan stok melimpah," pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten