Pemuda Sidowayah Klaten Diperiksa Ihwal Ledakan di Sukoharjo, Ini Pengakuannya

Seorang warga Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten sempat dimintai keterangan oleh Polisi terkait ledakan yang terjadi di Asrama Polisi (Aspol) Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) malam.

 Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menyampaikan rilis terkait ledakan di dekat Aspol Arumbara, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Senin (26/9/2022) di Semarang. (Istimewa/Polda Jateng).

SOLOPOS.COM - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menyampaikan rilis terkait ledakan di dekat Aspol Arumbara, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Senin (26/9/2022) di Semarang. (Istimewa/Polda Jateng).

Solopos.com, KLATEN — Seorang warga Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten sempat dimintai keterangan oleh Polisi terkait ledakan yang terjadi di Asrama Polisi (Aspol) Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) malam. Warga Sidowayah itu berinisial ANH, 22.

Pria itu ditanya seputar paket berisi bubuk petasan yang pernah dia beli lebih dari setahun lalu dan sudah disita Polisi.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Ditanya terkait dulu kejadiannya bagaimana, paket dari mana saja. Hanya seputar itu,” kata ANH saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/9/2022).

ANH menjelaskan lebih dari setahun lalu atau menjelang Idulfitri 2021, dia membeli bubuk petasan serta sumbu secara online. Tujuannya untuk perayaan Idulfitri. Dia membeli sekitar 2 kg bubuk petasan.

Dari total bubuk petasan yang dia beli, dia hanya memanfaatkan sekitar 1 ons. Setelah itu, ANH iseng mengunggah sisa bubuk ke status WhatsApp dan Facebook.

Baca Juga: Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

“Kemudian ada yang komentar diajak COD di Sukoharjo. Saat COD itu kena razia. Kalau tidak salah waktu itu H-7 Idulfitri,” kata ANH.

Permasalahan itu sebenarnya sudah selesai pada 2021. Seluruh bubuk petasan milik ANH disita Polisi setahun lalu.

ANH kaget saat didatangi Polisi pada Minggu malam dan menanyakan lagi ihwal bubuk petasan yang sudah disita setahun lalu.

Dia dijemput dan dibawa ke Sukoharjo guna dimintai keterangan ihwal paket yang pernah dia beli dan sudah disita Polisi setahun lalu. Pada Senin dini hari, ANH dipulangkan.

Baca Juga: Gibran Pastikan Solo Aman, Tak Terpengaruh Ledakan di Aspol Grogol Sukoharjo

“Ya kaget [dimintai keterangan terkait paket yang sudah disita setahun lalu]. Sebelumnya sudah disita serta perkaranya sudah selesai. Kemarin saya tahunya habis Isya, ada yang ke rumah tanya soal yang dulu. Ya sudah, saya sampaikan apa adanya,” kata ANH.

Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Mujahid Jaryanto, membenarkan ANH dijemput Polisi dan dimintai keterangan sebagai saksi pada Minggu malam terkait ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo. Dia dijemput Polisi sekitar pukul 20.30 WIB dan dipulangkan sekitar pukul 02.00 WIB.

“ANH ini kesehariannya sebagai tenaga harian lepas di objek wisata yang ada di Sidowayah,” kata Mujahid.

Pada Senin pagi, Badan Kesbangpol Klaten mendatangi rumah ANH guna menindaklanjuti informasi terkait ada warga Sidowayah yang dimintai keterangan Polisi ihwal peristiwa ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo. Petugas dari Badan Kesbangpol itu datang bersama anggota Polsek Polanharjo serta kecamatan didampingi aparatur desa.

Baca Juga: Sepotong Cerita dari Bakul Wedang Ronde saat Polres Wonogiri Siagakan Personel

Sekretaris Badan Kesbangpol Klaten, Dhody Hermanu, mengatakan awalnya mendatangi rumah ANH untuk bertemu orang tuanya guna memastikan informasi tersebut.

“Ternyata ANH sudah di rumah. Prinsipnya kami datang ke sana untuk menindaklanjuti informasi sekaligus memastikan kondusivitas wilayah. Ini sekaligus menjalankan perintah dari Bu Bupati untuk menemui orang tuanya,” kata Dhody.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pantai Sembukan Wonogiri, Tempat Pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senapati

      Pada malam-malam tertentu, pantai yang terletak di Wonogiri selatan itu acap didatangi orang dari berbagai daerah. Mereka melakukan ritual tertentu untuk meminta keberkahan.

      Jajal Jalur Kirab Kaesang-Erina, 3 Menteri Naik Kereta Kencana di Jalur CFD

      rombongan kirab sampai di depan Hotel Dana Solo. Sejumlah orang membentuk barisan berjalan dari barat ke timur. Di belakangnya ada kereta kencana. Satu kereta ditarik dua kuda. Tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan kemeja biru maroon dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian biru muda.

      Kapolres Sukoharjo Gandeng Komunitas Seni Jaga Kamtibmas dan Kerukunan Warga

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan komunitas seni merupakan salah satu komunitas yang harus disentuh oleh kepolisian. Mengingat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dalam bidang seni.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Masjid di Ngawen Klaten Kokoh Berdiri Sendiri di Tengah Proyek Tol Solo-Jogja

      Nilai UGR yang bakal diterima untuk pembebasan bangunan masjid itu senilai Rp822 juta. Sesuai aturan, UGR yang diterima harus digunakan untuk membangun masjid.

      Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

      Proses seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Tim tersebut terdiri atas dua orang internal atau dari Pemkab Klaten dan tiga orang eksternal atau akademisi.

      Stok Kosong, Dinkes Boyolali Putar Otak Cari Vaksin Covid-19

      Puskesmas yang diinformasikan bisa melayani vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (26/11/2022) antara lain Puskesmas Sambi, Simo, Sawit, Banyudono I, Gladagsari, Boyolali I, dan Boyolali II.

      Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU

      Agenda Solo hari ini, Minggu (27/11/2022), cukup padat dengan Lokananta Reload yang menghadirkan Padi Reborn serta pengajian akbar Hari Santri Nasional di Pura Mangkunegaran.

      Duh. 25 Water Barrier di Jalan-Jalan Karanganyar Hilang Dicuri

      Biasanya akibat pencurian ini diketahui saat akan dilakukan pengecekan sarana atau pada saat akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas.

      Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

      Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.

      Sukoharjo Berawan Tebal sejak Minggu Pagi, Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan tebal sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Boyolali Hujan sejak Pagi Hari, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya Menurut BMKG

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Hujan Minggu Malam, Simak Prakiraan Cuaca Solo 27 November

      Minggu (27/11/2022) siang hingga malam ini Solo diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang menurut prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 27 November 2022, Cukup Bersahabat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa Anda simak di sini.