SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Entah apa yang dipikirkan Dedik Purnomo, ia nekat mau berenang dari Balikpapan ke Malang menyebrangi Teluk Balikpapan dengan dua galon air minum. Hal itu dilakukan Dedik, karena tak memiliki uang guna membeli tiket untuk pulang kampung ke Malang.

Ikuti Instruksi Google Maps, Pengemudi Meninggal Beku

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aksi Dedik ini lantas viral di media sosial. Foto-foto evakuasi Dedik yang terapung di laut diunggah oleh beberapa akun Instagram, salah satunya akun Instagram @makassar_info dan @ndorobeii. Dalam keterangan unggahan tersebut, Laki-laki berusia 27 tahun ini ditemukan oleh motoris kapal speedboat di Kawasan perairan Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Dedik ditemukan tengah terapung-apung pada Rabu (16/12/2020) pukul 15.30 WITA. Awalnya salah seorang motoris speedboat bernama Aco, melihat Dedik tengah menyebrang ke sebuah bebatuan besar yang sering disebut pulau Tukung, sekitar 12.00 waktu WITA.

Benar-Benar Menyeberang

Namun Aco tidak berpikir, jika pemuda ini rupanya nekat hendak berenang ke Pulau Jawa. Aco dan rekan-rekannya sempat mengira Dedik hanya akan memancing, mengingat tempat tersebut memang sering digunakan orang-orang untuk memancing.

Kenapa Alat Vital di Film JAV Selalu Disensor?

Aco dan teman-temannya mengaku sempat melihat Dedik duduk sambil berenang menggunakan dua buah galon kosong. Namun, lagi-lagi mereka tidak menaruh curiga apapun kepada pemuda tersebut.

“Sesekali dia itu berenang ke arah tengah, kita teriakin dia. Enggak dengar. Nah mungkin karena capek terbawa arus, kepinggir akhirnya,” jelas Aco, dikutip dari Instagram @ndorobeii.

Mendapati Dedik yang tak berdaya di luat, Aco dan teman-temannnya sempat mengira Dedik meninggal, lantaran tubuh kurusnya terapug dan terbawa arus hingga ke pinggir pelabuhan Jetty Chevron. Para motoris itu kemudian langsung melaporkan ke Polsek KP3 Semayang.

Satu-Satunya di Dunia, Youtuber Review HP Selundupan Tokyo

Dibawa ke Rumah Sakit

Beruntung Dedik berhasil diselamatkan oleh motoris dan warga yang berada di Kawasan Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Dedik pun langsung dibawa ke polsek Pelabuhan Semayang, untuk dimintai keterangan.

Sesampainya di kantor kepolisian, Dedik bercerita bahwa ide untuk berenang ke Pulau Jawa adalah ide sepintas saja. Ia mengaku tidak punya uang, dan mencoba berenang. Dedik merakit dua galon air minum dan nekat menghanyutkan diri, dengan keyakinan akan hanyut sampai ke kampung halamannya.

Pemuda ini mengaku selama di Balikpapan, ia tinggal bersama keluarganya di Kawasan Rengganis, Balikpapan Selatan. Dedik menceritakan bahwa selama di Balikpapan, dirinya tidak memiliki pekerjaan tetap.

Sadis, Pria Ini Perkosa dan Mutilasi Orang yang Pengin Bunuh Diri

Dedik diketahui terdaftar sebagai warga Dusun Putuk Rejo, Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. “Kalau memang mau dipulangkan, akan kami bantu membelikan tiketnya,” kata Kapolsek Pelabuhan Semayang AKP Retno Ariani. Dikutip dari i News, Kamis (17/12/2020).

Akhirnya Dedik dibawa menuju keluarganya dan rencananya akan pulang ke kampung halamannya, dengan pihak kepolisian membantu untuk membelikan tiket kepada Dedik.

Postingan Instagram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya