Kategori: Klaten

Pemuda Delanggu Klaten Bikin Dapur Umum, Bagikan Nasi Bungkus Gratis ke Warga Miskin


Solopos.com/Ponco Suseno

Solopos.com, KLATEN – Kawula muda di Karang, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah mendirikan dapur umum. Lokasinya berada di Dukuh Sukorame RT 027/RW 008, desa setempat, Sabtu (11/4/2020).

Di tahap awal, kawula muda tersebut membuat 100 paket nasi bungkus untuk dibagi-bagikan ke warga miskin di Delanggu dan sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, aksi pemuda Delanggu mendirikan dapur umum dibantu warga lainnya dilandasi meningkatnya jumlah kaum marginal yang terdampak persebaran virus corona.

“Dapur umum ini dari rakyat untuk rakyat. Kami melihat, dampak virus corona ini sudah ke ketahanan pangan. Sudah banyak yang kekurangan. Khusus hari ini [kemarin], kami membikin 100 nasi bungkus [bahan baku berupa beras 15 liter, tempe, sayur buncis, dan lainnya],” terang salah satu pemuda Karang, Fajar, kepada Solopos.com.

6 RS Rujukan Covid-19 di Solo Penuh PDP & Pasien Positif

Kaum marginal yang dinilai perlu dibantu, seperti tukang ojek, tukang becak, tukang tambal ban, dan lainnya. Nasi bungkus yang dibagikan berisi sayur-mayur dan lauk-pauk.

Lokasi pembagian nasi bungkus yang menjadi sasaran dapur umum berada di Delanggu, Pedan, Polanharjo, Wonosari, dan Ceper.

“Selain di sini, ada juga posko dapur umum di daerah lain, seperti di Jogonalan dan Klaten Tengah,” sambung Fajar.

Sempat Kejang, Pria Karanganyar Meninggal Tergeletak di Pinggir Jalan Jebres Solo

Kepala Desa (Kades) Karang, Delanggu, Klaten, Agung Tri Sulistyo, mengatakan dapur umum yang didirikan pemuda di desanya patut diapresiasi. Dapur umum tersebut diharapkan dapat membantu warga yang kurang mampu secara ekonomi.

“Ini kali pertama [dapur umum di Karang]. Nasi bungkus yang dibikin ini diberika kepada mereka yang bekerja secara informal,” katanya.

Apresiasi

Pendirian dapur umum di Karang, Delanggu, juga diapresiasi Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo dan Dandim/0723 Klaten, Letkol (Kav) Minarso. Kedua komandan wilayah tersebut menyempatkan waktu memantau kondisi dapur umum di Karang.

Sembari memantau dapur umum di Karang, posko gugus tugas logistik bencana Covid-19 Klaten juga mengirimkan logistik, berupa beras, mi, dan air mineral. Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, mendukung penuh semangat yang pemuda mendirikan dapur umum di Karang, Delanggu, Klaten.

Ada 2 Pasien Positif Corona, Bupati Sragen Umumkan KLB

“Semangatnya bagus. Semoga bisa bermanfaat dengan adanya dapur umum ini. Saya hanya berpesan, tetap taati prtokol kesehatan, seperti jaga jarak, memakai masker, menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan. Hindari berkerumun, hingga menjaga makanan agar selalu higienis sebelum dibagikan ke warga yang berhak mendapatkannya,” katanya.

Hal senada dijelaskan Dandim 0723/Klaten, Letkol (Kav) Minarso. Dapur umum yang digagas kawula muda di Delanggu ini diharapkan dapat ditiru berbagai elemen masyarakat di Klaten lainnya.

“Berbekal kepedulian seperti ini, diharapkan dapat meringankan warga lainnya,” katanya.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita