SOLOPOS.COM - Tiga nominator logo PON XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara (Sumut). (Abntara/HO-KONI Pusat)

Solopos.com, MEDAN — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara (Sumut) telah menetapkan venue yang tersebar di delapan kabupaaten dan kota di provinsi tersebut untuk menggelar pertandingan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian, mengatakan Pemprov Sumut telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumu tentang penetapan venue itu kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota. Penyerahan SK perubahan itu dilakukan guna memastikan peta lokasi venue cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Sumut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedelapan kabupaten dan kota yang akan menggelar pertandingan PON XXI tahun 2024 di Sumut itu yakni Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Pematang Siantar, dan Toba.

Dengan diserahkannya SK tersebut dan sesuai instruksi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi maka pemerintah daerah diminta segera mempercepat proses renovasi untuk seluruh venue yang ditunjuk maupun membangun venue baru sesuai standar nasional. Sejumlah fasilitas yang perlu dipenuhi dalam renovasi venue di antaranya, ruang pertemuan, ruang kesehatan, ruang juri, ruang wasit, serta ruang ganti pakaian.

“Minimal enam atau tujuh ruangan yang dipersyaratkan dalam venue olahraga harus ada,” katanya.

Baharuddin menambahkan penetapan venue disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah. Misalnya untuk cabang olahraga ski air yang dipindahkan dari Parapat ke Toba seusai Indonesia sukses menggelar F1 Powerboat Lake Toba 2023.

Begitu juga untuk venue renang perairan terbuka akan diperlombakan di Parapat, Simalungun. Sedangkan kick boxing akan dipertandingkan di Pematang Siantar dan voli pantai di Sergai.

Di Deli Serdang akan digelar pencak silat, di Langkat digelar sambo, di Medan untuk BMX, dan gulat dipertandingkan di Binjai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya