Pemprov Jatim Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen Medis Gratis

Gubernur Jatim Khofifah mengatakan isi ulang tabung oksigen medis untuk pasien Covid-19 yang isoman ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

 Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meninjau depo isi ulang oksigen gratis di Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Sabtu (17/7/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meninjau depo isi ulang oksigen gratis di Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Sabtu (17/7/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan isi ulang tabung oksigen secara cuma-cuma alias gratis. Hal ini untuk menjamin kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri terpenuhi.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melaunching depo isi ulang oksigen gratis bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri di halaman Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Sabtu (17/7/2021).

Khofifah mengatakan isi ulang tabung oksigen medis ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, pemprov menyiapkan ambulance yang membutuhkan suplai isi ulang oksigen.

“Kita menyiapkan aplikasi, kita menyiapkan call center, untuk menghindari penumpukan dari mereka yang membawa tabung oksigen,” kata dia yang dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Sewu-Sewu Ae, Aksi Pemuda Madiun Bantu UMKM dan Pasien Isoman

Masyarakat yang membutuhkan oksigen medis, kata dia, untuk bisa berkoordinasi lewat aplikasi dan call center yang ada. Saat ini depo isi ulang tabung oksigen dibuka di lapangan Dishub Provinsi Jatim yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya.

Pengisian oksigen ini dilayani 24 jam. Sementara disediakan oksigen 500 meter kubik untuk 500 tabung oksigen atau silinder berkapasitas 1 meter kubik.

“Kita punya stok yang cukup, artinya itu bisa ditambahkan,” ujar Khofifah.

Baca juga: Waduh! Stok Oksigen Medis di Samator Madiun Habis

Depo isi ulang oksigen ini tidak hanya ada di Kantor Dishub Jatim, tetapi juga ada di halaman Samsat Gresik dan di Sidoarjo dengan kapasitas yang sama. Gubernur berjanji akan menambah stok jika kapasitas kurang.

“Tetapi seandainya 500 meter kubik berarti untuk 500 tabung oksigen atau silinder 1 meter kubik itu tidak mencukupi, maka kita akan menambahkan,” tegas dia.

Seorang warga yang memanfaatkan depo isi ulang oksigen ini, Irvan, mengatakan dirinya sedang mengantre isi ulang oksigen untuk iparnya yang sedang terpapar Covid-19. “Kemarin kita nyari refilnya aja, stoknya kosong terus. Dengan adanya ini pendaftarannya sangat mudah,” kata dia.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Rusak Gembok, Pasutri di Ponorogo Mencuri di Toko Dua Kali

Pasangan suami ini dua kali berturut-turut mencuri di sebuah Toko di Desa Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo.

KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA sampai Sarjana

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka rekrutmen pegawai untuk beberapa posisi seperti masinis sampai teknisi pemeliharaan.

Peringati World Cleanup Day, Pemuda Madiun Punguti Sampah di Wana Wisata Grape

Sekelompok pemuda di Kabupaten Madiun memperingati World Cleanup Day dengan membersihkan Wana Wisata Grape dari sampah. Harapannya kesadaran masyarakat tidak buang sampah sembarangan meningkat.

BMKG: Ada Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan

BMKG mengingatkan Pemkab Pacitan tentang adanya potensi tsunami setinggi 28 meter yang terjadi 30 menit setelah gempa.

Bobol Mobil Parkir di Ponorogo, Kaki 2 Pria Sumsel Ini Dibolong Polisi

Dua pelaku pembobolan mobil di Ponorogo asal Sumatra Selatan di tangkap polisi di Yogya dan ditembak kakinya karena berupaya melarikan diri.

Jelang PTM, Ribuan Pelajar di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan vaksinasi bagi pelajar sangat penting terlebih bagi pelajar SMA karena sudah mulai menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah.

Asyik! Madiun Level 2, Gedung Bioskop Boleh Buka

Wali Kota Madiun, Maidi, memperbolehkan gedung bioskop untuk beroperasi namun jumlah penonton dibatasi dan wajib protokol kesehatan.

Pemkab Madiun Sediakan Swab dan Vaksinasi Gratis bagi Peserta Seleksi CPNS dan PPPK

Pemkab Madiun membatasi swab antigen gratis dan vaksinasi Covid-19 bagi peserta seleksi CPNS dan PPK di Pemkab Madiun dan warga setempat.

Meski Takut, Siswa SD di Madiun Rela Disuntik Vaksin Demi Belajar di Sekolah

Para siswa SD yang berusia 12 tahun di Kota Madiun mengaku rela mengesampingkan rasa takut mereka disuntik vaksin Covid-19 demi bisa belajar dan bermain di sekolah.

Timbulkan Kerumunan, Polisi Bubarkan Acara Musik di Ponorogo

Petugas kepolisian membubarkan kegiatan musik elekton campursari di rumah warga di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Senin PTM, Seribuan Siswa SD di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi

Siswa SD kelas VI yang usianya sudah 12 tahun dan belum mendapat suntikan vaksin harus mengikuti vaksinasi Covid-19.

2 Pelaku Pencurian 25 Komputer Sekolah di Madiun Ditangkap, 3 Masih Buron

Setelah empat bulan melakukan pengejaran, Polres Madiun berhasil menangkap dua tersangka pelaku pencurian komputer di dua sekolah. Tiga tersangka lain masih buron.

Covid-19 Jatim Terus Membaik, Tingga Satu Zona Oranye, Lainnya Kuning

Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang masuk zona oranye, lainnya kuning.

Ibu Hamil Ditemukan Meninggal di Indekos, Polisi Madiun Kantongi Petunjuk Baru

Penyelidik menemukan petunjuk baru setelah ponsel milik perempuan muda yang meninggal di indekos di Madiun itu diperbaiki.