Pemprov Jatim Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen Medis Gratis

Gubernur Jatim Khofifah mengatakan isi ulang tabung oksigen medis untuk pasien Covid-19 yang isoman ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

 Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meninjau depo isi ulang oksigen gratis di Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Sabtu (17/7/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meninjau depo isi ulang oksigen gratis di Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Sabtu (17/7/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan isi ulang tabung oksigen secara cuma-cuma alias gratis. Hal ini untuk menjamin kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri terpenuhi.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melaunching depo isi ulang oksigen gratis bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri di halaman Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Sabtu (17/7/2021).

Khofifah mengatakan isi ulang tabung oksigen medis ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, pemprov menyiapkan ambulance yang membutuhkan suplai isi ulang oksigen.

“Kita menyiapkan aplikasi, kita menyiapkan call center, untuk menghindari penumpukan dari mereka yang membawa tabung oksigen,” kata dia yang dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Sewu-Sewu Ae, Aksi Pemuda Madiun Bantu UMKM dan Pasien Isoman

Masyarakat yang membutuhkan oksigen medis, kata dia, untuk bisa berkoordinasi lewat aplikasi dan call center yang ada. Saat ini depo isi ulang tabung oksigen dibuka di lapangan Dishub Provinsi Jatim yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya.

Pengisian oksigen ini dilayani 24 jam. Sementara disediakan oksigen 500 meter kubik untuk 500 tabung oksigen atau silinder berkapasitas 1 meter kubik.

“Kita punya stok yang cukup, artinya itu bisa ditambahkan,” ujar Khofifah.

Baca juga: Waduh! Stok Oksigen Medis di Samator Madiun Habis

Depo isi ulang oksigen ini tidak hanya ada di Kantor Dishub Jatim, tetapi juga ada di halaman Samsat Gresik dan di Sidoarjo dengan kapasitas yang sama. Gubernur berjanji akan menambah stok jika kapasitas kurang.

“Tetapi seandainya 500 meter kubik berarti untuk 500 tabung oksigen atau silinder 1 meter kubik itu tidak mencukupi, maka kita akan menambahkan,” tegas dia.

Seorang warga yang memanfaatkan depo isi ulang oksigen ini, Irvan, mengatakan dirinya sedang mengantre isi ulang oksigen untuk iparnya yang sedang terpapar Covid-19. “Kemarin kita nyari refilnya aja, stoknya kosong terus. Dengan adanya ini pendaftarannya sangat mudah,” kata dia.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Cek! Ini Nama Tiga Calon Sekda Kota Madiun

Wali Kota Madiun, Maidi, mengumumkan tiga nama calon sekretaris daerah (Sekda).

Periksa 21 Saksi, Kejari Endus Dugaan Korupsi Honor THL di PDAM Madiun

Kejari Kota Madiun memeriksa 21 orang terkait kasus dugaan korupsi penyimpangan pembayaran honor THL PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun.

Bejat! Balita di Batu Disulut Rokok, Disiram Air Panas Calon Ayah Tiri

Balita 2,5 tahun, NS, di Kota Batu disiksa calon suami ibunya, W, 25, dengan cara disulut rokok dan disiram dengan air panas sehingga kulit balita melepuh, terbakar, dan berdarah.

Alhamdulillah! Guru Honorer Ngawi Akhirnya Dibuatkan Rumah

Sri Hastuti, guru honorer di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) yang tinggal di kandang kambing akhirnya dibuatkan rumah.

Pemkab Madiun Petakan 8 Kecamatan Rawan Bencana, Ini Daftarnya

Pemkab Madiun memetakan daerah rawan bencana alam banjir dan tanah longsor di 8 kecamatan dari total 15 kecamatan di Kabupaten Madiun.

Janda Madiun Ditemukan Meninggal Pendarahan di Telinga, Pembunuhan?

Seorang janda ditemukan meninggal di rumahnya, Kabupaten Madiun, Minggu (24/10/2021) dengan kondisi pendarahan di telinga sehingga keluarga meminta autopsi karena curiga.

Tercebur Sumur 12 Meter, ODGJ Perempuan di Ponorogo Selamat

Warga Ponorogo berstatus ODGJ ditemukan tercebur di sumur belakang rumahnya pada Minggu (24/10/2021) sore itu berhasil diselamatkan dalam kondisi hidup.

Belum Sempat Balap Liar, 30 Motor Ini Disita Warok Polres Ponorogo

Tim Speed Warok Satlantas Polres Ponorogo menyita 30 unit sepeda motor yang akan digunakan untuk balap liar pada Minggu (24/10/2021) dini hari.

Solar di Madiun Langka, Curhat Petani Terancam Gagal Panen

Petani di Kabupaten Madiun khawatir tidak panen karena sulit mendapatkan solar untuk mengairi sawah.

Tak Kuat Nanjak, Mobil Mewah Terjun ke Jurang Ponorogo

Mobil mewah BMW X5 mengalami kecelakaan dengan terjun ke jurang di Jalan Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Peringatan Hari Santri di Madiun, Upacara Hingga Bersepeda Bersama

Hari Santri Nasional tahun 2021 diperingati dengan cara bersepeda bersama di Kota Madiun, Sabtu (23/10/2021).

Berikut Daftar 5 Kampus Swasta Paling Favorit di Surabaya

Sejumlah kampus perguruan tinggi swasta di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menjadi favorit karena memiliki kualitas akademik yang tak kalah dengan perguruan tinggi negeri.

Desa Jutawan di Madiun, Warga Bisa Beli Mobil Berkat Porang

Muncul desa-desa jutawan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur karena warganya memiliki penghasilan jutaan rupiah dari menanam porang.

Ziarah ke Makam Bung Karno, Ini yang Dilakukan Mensos Risma

Menteri Sosial atau Mensos Tri Rismaharani, melakukan ziarah ke Makam Bung Karno dan melakukan kegiatan bersih-bersih.

Tinggal di Kandang Kambing, Guru Honorer di Ngawi Digaji Rp300.000

Guru honorer di Ngawi, Jawa Timur (Jatim), yang tinggal satu rumah dengan kandang kambing setiap bulannya mendapat gaji Rp300.000 dari mengajar siswa SD.