SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) terus berupaya mendongkrak kinerja investasi di wilayah setempat. Dalam waktu dekat, Pemprov akan membangun East Java Super Corridor (EJSC) di lima daerah sebagai tempat layanan perizinan usaha secara terpadu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim, M. Rudy Ermawan Yulianto, mengatakan program layanan East Java Super Corridor akan dibangun di area kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) yakni di Jember, Malang, Madiun, Bojonegoro, dan Pamekasan Madura.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini proyek East Java Super Corridor sudah ada desainnya dan masih dalam proses lelang untuk pekerjaan fisiknya,” katanya kepada Bisnis/JIBI, Jumat (17/5/2019).

Rudy menjelaskan East Java Super Corridor dibangun dengan konsep colourfull yang sesuai dengan gaya generasi milenial saat ini. Harapannya, konsep itu bisa memacu minat generasi muda untuk berkreasi, berinovasi, dan berusaha.

Rencananya dalam East Java Super Corridor akan terdapat sejumlah tempat layanan, di antaranya tempat perizinan terpadu, co-working space, ruang rapat, science technopark, cafetaria, command center, ruang staf, ruang pelatihan, serta musala dan toilet.

“Dengan begitu nantinya investor-investor yang berada di lima daerah tersebut tidak perlu mengurus izin ke Surabaya dan cukup dilakukan di Bakorwil,” imbuhnya.

Rudy menambahkan pembangunan masing-masing East Java Super Corridor ini menelan investasi sekitar Rp3 miliaran atau sekitar Rp15 miliaran untuk 5 EJSC. Pemerintah menargetkan proses pembangunan akan rampung pada akhir tahun ini sehingga dapat beroperasi pada awal tahun depan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Jatim, Aris Mukiyono, mengatakan investasi diharapkan bisa tumbuh 10% untuk tahun ini.

“Sejumlah cara sudah dilakukan misalnya memperkuat layanan izin, lalu kami gandeng asosiasi pengusaha untuk menawarkan potensi investasi yang ada, lalu kami siapkan tim pendampingan bagi calon investor, sampai pada jaminan kepastian untuk berusaha,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Aris, Gubernur Khofifah sebelumnya juga telah meminta agar menambah 8 sektor layanan perizianan online terutama di Bakorwil. Saat ini layanan online single subsmission (OSS) di Jatim sudah melayani 19 sektor di P2T Surabaya. Namun di 4 Bakorwil Malang, Jember, Kediri dan Madiun hanya bisa melayani 5 sektor usaha, lainnya harus diproses di Surabaya.

Berdasarkan catatan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Jatim, kinerja investasi Jatim pada 2018 telah teralisasi sekitar Rp154 triliun. Sebanyak Rp40 triliun di antaranya merupakan investasi dengan fasilitas, dan Rp90 triliun merupakan investasi non fasilitas seperti dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dari Rp154 triliun tersebut, sebanyak 20% nya merupakan hasil Penanaman Modal Asing (PMA) yang kebanyakan berasal dari Singapura, Korea Selatan, Jepang dan China. Sedangkan 80% lainnya merupakan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya