SOLOPOS.COM - Ilustrasi kawasan industri. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Gubernur Jatim ingin membangun sejumlah kawasan industri baru.

Madiunpos.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo menyatakan ingin membangun kawasan industri baru di sejumlah kabupaten/kota di Jatim. Hal itu untuk meningkatkan Jatim sebagai provinsi industri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Tujuannya menjadikan industri sebagai pilar peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Soekarwo di sela-sela menjadi pembicara Public Hearing Pembahasan Raperda Tentang Rencana Pembangunan Industri Pro Jatim 2017-2037 di Gedung DPRD Jatim Surabaya, Rabu (24/1/2018).

Rencananya, Pemprov Jatim membangun sembilan kawasan industri di wilayah Jombang, Tuban, Malang, Lamongan, Banyuwangi, Bangkalan dan Madiun.

“Di kawasan yang sudah ada kawasan industrinya juga perlu dibangun kawasan industri lain, yakni di Gresik dan Mojokerto. Untuk mewujudkannya Pemprov Jatim menyediakan lahan seluas 31.584,78 hektare,” tutur pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim.

Menurut dia, dengan semakin majunya sektor industri di Jatim maka terwujud pembangunan ekonomi, kemudian juga membantu optimalisasi potensi sumber daya daerah sekaligus mewujudkan lingkungan usaha kondusif dan berkelanjutan.

Selain itu, kata dia, agar industrialisasi semakin maju maka harus didukung beberapa hal, di antaranya perizinan mudah, tersedianya lahan, serta tersedianya sumber daya manusia serta listrik.

Ia menjelaskan, saat ini sudah terdapat tujuh kawasan industri yang tersebar di beberapa wilayah, yakni satu kawasan di Surabaya, tiga kawasan di Gresik, satu kawasan di Sidoarjo, satu kawasan di Kabupaten Mojokerto dan satu kawasan di Pasuruan.

“Ketujuh kawasan industri berada diatas lahan seluas 4.759,5 hektare,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya