SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan sumpah dan janji pejabat. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng segera melakukan lelang terbuka tujuh jabatan eselon I dan II yang kosong. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Suko Mardiono, mengatakan tujuh jabatan eselon I dan II yang kosong akan segera diisi melalui mekanisme lelang terbuka.
“Kami masih merumuskan mekanisme lelang jabatan terbuka untuk pejabat eselon I dan II,” katanya kepada wartawan di Semarang, akhir pekan lalu. Pelaksanaan lelang jabatan terbuka tujuh eselon I dan II tersebut, menurut dia, diperkirakan pada pertengahan 2014. “Pertengahan tahun ini [2014] diperkirakan promosi terbuka atau lelang jabatan bisa dilaksnakan,” imbuhnya.
Berdasarkan data, jabatan eselon I yang kosong yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, sedang enam jabatan eselon II yang kosong masing-masing adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk), Kepala Dinas Kesehatan, dua staf ahli Gubernur Jateng, serta dua jabatan Wakil Direktur RSUD Dr. Moewardi Solo.
Sekda Pemprov kosong setelah ditinggalkan Hadi Prabowo mencalonkan sebagai Gubernur Jateng 2013, tapi kalah dan sekarang menjadi Staf Ahli, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sedangkan Kepala Disnakertransduk, staf ahli Gubernur Jateng, wakil direktur RSUD Dr Moewardi memasuki pensiun, dan Kepala Dinas Kesehatan Jateng promosi jabatan ke Kementerian Kesehatan pusat.
Untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda telah ditunjuk Pelaksana tugas (Plt) Sri Puryono dan Wika Bintang sebagai Plt Kepala Diskertransduk Jateng, sedang untuk Kepala Dinas Kesehatan Jateng belum ditunjuk Plt. Menurut Suko Mardiono, pejabat lama Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Anung Sugihantono telah mengusulkan Plt penggantinya ke Gubernur Jateng. Plt yang diusulkan, selain mempertimbangkan senioritas di juga kepangkatan dan pengalaman pejabat yang bersangkutan Dinas Kesehatan Jateng
”Kemungkinan besok [Senin ini] Gubernur sudah menunjuk Plt Kepala Dinas Kesehatan,” ungkapnya.
Seperti diketahui, Anung Sugihantono, pada Selasa (7/1/2014) telah dilantik menjadi Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (Dirjen GIKIA), Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebelumnya menyatakan sedang menyiapkan perangkat untuk melaksanakan lelang jabatan terbuka eselon I dan II. “Saya ingin memastikan sistem seleksi, anggaran, dan tim independen yang terlibat dalam lelang jabatan eselon I dan II,” kata dia. Sebelumnya Pemprov Jateng telah melakukan lelang jabatan terbuka untuk pejabat eselon III dan IV.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya