SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah mengungkapkan kawasan Kampung Bahari Semarang harus terintegrasi dengan nelayan dan tempat pelelangan ikan (TPI). Rancangan semacam itu diterapkan di Kampung Bahari Tambak Lorok, Kota Semarang, Jateng.

Untuk itu, pembangunan Kampung Bahari diharuskan lebih tinggi dibandingkan dengan TPI. Lokasi TPI yang tinggi akan memudahkan nelayan melakukan pelelangan ikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng Lalu M. Syafriadi meminta Kementerian PUPR meninggikan TPI setara dengan jalan yang ada di Kampung Bahari. Dengan begitu, interkoneksi antara Kampung Bahari dan TPI dapat berjalan dengan baik. “Kami melalui Bu Menteri Susi Pudjiastuti meminta PUPR juga memikirkan pembangunan TPI. Ini dimaksudkan agar kesinambungan antara TPI dan Kampung Bahari terjaga dengan baik,” kata Lalu, Sabtu (20/10/2018).

Dia juga meminta perbankan memberikan bantuan untuk membangun turap agar ikan tidak langsung terkena sinar matahari. “Di sini kami meminta bantuan perbankan untuk membangunkan turap bagi nelayan agar ikan tidak terkena panas matahari langsung. Dengan adanya turap maka kualitas ikan bisa lebih baik untuk dijual kemudian,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Lalu, pihaknya meminta nelayan Jateng memperluas daerah tangkapan khususnya bagi yang mempunyai kapal besar. Hal tersebut mengingat saat ini laut Jawa sudah banyak yang tercemar. 

Selama ini, dikatakan Lalu, di Jateng terdapat beberapa pusat pendaratan ikan seperti di Kabupaten Tegal, Batang, Pati, Rembang dan Cilacap. Sementara untuk komoditas unggulan yakni ikan tongkol.

“Daerah tangkapan nelayan harus diperluas, bukan hanya itu-itu saja. Kami minta nelayan dengan kapal besar beralih ke beberapa daerah penghasil banyak ikan seperti Kepulauan Natuna dan Kawasan Indonesia Timur,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya