Pemprov Jateng Rancang Amphitheater hingga River Walk di Borobudur

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki sejumlah rencana besar terkait pengembangan kawasan di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng. Amphitheater hingga River Walk dirancang melengkapi kawasan cagar budaya tersebut.

Pemprov Jateng Rancang Amphitheater hingga River Walk di Borobudur

SOLOPOS.COM - Ratusan payung warna-warni menghiasi jalan menuju Candi Borobudur kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pemasangan payung tersebut untuk memperindah pemandangan Candi Borobudur sekaligus untuk memberikan rasa teduh kepada wisatawan. (Antara-Anis Efizudin)

Solopos.com, MUNGKID — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki sejumlah rencana besar terkait pengembangan kawasan di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng. Amphitheater hingga River Walk dirancang melengkapi kawasan cagar budaya tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah Sinung Nugroho Rachmadi menuturkan, Pemrov mengarahkan pengembangan destinasi-destinasi wisata alternatif di sekitar Candi Borobudur. Hal tersebut juga bertujuan mengurangi beban candi sebagai warisan dunia. “Ada beberapa usulan rencana besar, untuk mengurangi beban Candi Borobudur itu sendiri, yakni dengan pengembangan kawasan di sekitarnya,” ujarnya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (19/8/2019) malam.

Pertama, pengembangan konsep riverwalk di sepanjang Sungai Progo seluas 38 hektare, yang berjarak 4,6 km dari Candi Borobudur. Area sepadan sungai dapat dimanfaatkan untuk atraksi wisata. Pengembangan itu juga seiring dan sejalan dengan pembentukan desa wisata yang ada di sekitar Borobudur. Ada sekitar 6 desa wisata yang berpotensi untuk dikembangkan.

Kedua, membuat konsep Borobudur walk, yaitu jalur pedestrian bagi pejalan kaki sepanjang 500 meter. Jalan itu menghubungkan Ruang Terbuka Hijau (RTH), pasar seni tradisional, dan Candi Borobudur.

Ketiga, pembangunan anjungan cerdas sebagai rest area dengan fasilitas terintegrasi, yakni parkir, toilet, restoran, souvenir, stan umkm. Rencananya anjungan akan dibuat di daerah Palbapang.

Keempat, pembangunan amphitheater sebagai tempat atraksi. Opsi ini masih didiskusikan dengan Pemerintah Kab. Magelang dan Perhutani perihal titik lokasinya.

Kelima, Pemprov Jateng juga mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk kolaborasi dengan Pemkab Magelang dalam mengembangan waduk. Kawasan Borobudur termasuk area krisis air saat musim kemarau, sehingga pembangunan waduk sangat penting.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Positif Corona Tapi Tak Percaya, Pria di Sleman Nulari Warga Sekampung

Seorang pria di Sleman yang positif Covid-19 namun tidak percaya dengan virus corona membuat puluhan warga di kampungnya tertular.

Ada Vaksinasi Gratis di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan, KAI: Hanya Untuk Dosis Kedua

PT KAI memberikan vaksin gratis di Stasiun Solobalapan dan Stasiun Yogyakarta namun untuk penyuntikan dosis kedua.

Lirik Lagu Lintang Sewengi – Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Berikut ini lirik lagu Lintang Sewengi yang dinyanyikan Denny Caknan dan Ndarboy Genk yang dirilis Minggu, 1 Agustus 2021 di Youtube.

Ganjar Sebut Belum Dapat Arahan Pasang Baliho Puan Maharani, Kenapa Ya?

Ganjar Pranowo mengaku belum mendapat arahan untuk memasang baliho bergambar Puan Maharani dari PDIP.

Pandemi, Pemohon Perizinan Usaha di Sukoharjo Malah Melonjak Tajam

Kenaikan jumlah pemohon perizinan menandakan respons positif para pelaku usaha Sukoharjo terhadap beragam kemudahan secara online.

RUU PKS Terbentur Pertentangan Ideologi dan Cara Pandang

Panitia Kerja DPR yang membahas RUU PKS berharap pada 18 Agustus 2021 dapat membacakan usulan rancangan undang-undang tersebut.

Ladiid’s Cake and Cookies, Passion Guru Bimbel Sukoharjo yang Jadi Pebisnis Kuliner

Berawal dari coba-coba, Hastari berhasil membangun bisnis kue yang ia beri label Ladiid’s Cake and Cookies.

Masih PPKM Darurat, Begini Politeknik Indonusa Solo Gelar Dies Natalis ke-19

Masyarakat bisa membuat ucapan selamat Dies Natalis ke-19 untuk Politeknik Indonusa Solo kemudian diupload di media sosial.

135 Kampung di Madiun Dapat Paket Alkes untuk Lawan Covid-19

Polres Madiun menyalurkan bantuan paket alat kesehatan (alkes) dari BPBD Jatim untuk 135 Kampung Tangguh Semeru.

Bantuan Mengalir untuk Bocah Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Klaten

Selain dari pemdes, bantuan paket sembako juga pernah diberikan kepada keluarga bocah yatim piatu itu dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Pemkot Jogja akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro selama PPKM Level 4 diberlakukan. Akan ada petugas yang mengawasi jumlah pengunjung.