SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis target kunjungan 1 juta wisatawan mancanegara ke provinsi ini pada tahun 2018 ini bakal tercapai. Target 1 juta wisman merupakan bagian dari target yang diminta Kementerian Pariwisata untuk 2019, yakni sebanyak 1,2 juta. 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar)Jawa Tengah (Jateng) Urip Sihabudin mengatakan hingga September 2018, realisasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke provinsi ini telah mencapai 700.000. Jumlah tersebut telah melewati target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk 2018 sebanyak 600.000 kunjungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Target 1 juta wisman merupakan bagian dari target yang diminta Kementerian Pariwisata untuk 2019, yakni sebanyak 1,2 juta. Kalau dari target daerah sudah lewat dan kalau pertumbuhannya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, insyaallah [target 1 juta wisman] tercapai,” terangnya kepada Bisnis, Kamis (18/10/2018).

Kendati realisasinya baru mencapai 70% hingga kuartal III/2018, pihaknya yakin target tersebut akan tercapai. Pasalnya, mendekati akhir tahun biasanya ada lonjakan kunjungan wisman ke Jateng.

Urip menyatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan daya saing destinasi prioritas. Selain itu, pengembangan pasar melalui peningkatan promosi dan penjualan serta peningkatan kualitas event turut menjadi perhatian.

Untuk meningkatkan potensi kawasan wisata baru, pengembangan kawasan di luar Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) pun terus dilakukan. Beberapa daerah dinilai memiliki potensi yang setara dengan KSPN. “Beberapa denstinasi yang potensial antara lain Prambanan, Semarang, Solo, dan Baturaden,” sebutnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya