SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka kemungkinan pemerintah membangun light rail transit (LRT) alias kereta api ringan yang dapat menyambungkan Solo dan Jogja jika ingin membangun moda transportasi berbasis rel tersebut di Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo menuturkan pihaknya siap mendukung penuh pemerintah pusat jika memiliki program pembangunan moda transportasi berbasis rel tersebut di Jawa Tengah mengingat LRT merupakan salah satu program unggulan transportasi umum. “Kalau mau dibuat, Solo-Jogja itu penting agar menyambung,” kata Ganjar dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Jumat (5/4/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menjelaskan dirinya sangat setuju jika terdapat moda transportasi kereta api ringan di Jawa Tengah karena transportasi massal perlu dikembangkan. Di banyak negara maju yang menggunakan transportasi umum sebagai sarana transportasi, bukan kendaraan pribadi. Menurutnya, kendaraan pribadi merupakan salah satu penyebab pencemaran udara dan kemacetan. “Kalau ada di Jateng ya bagus. Kami sangat setuju,” katanya.

Di Jawa Tengah, lanjutnya, rencana pembangunan kereta api ringan sudah ada, dan tinggal menunggu realisasinya. Pembangunan tersebut rencananya akan ada di Kota Semarang, dan Pemerintah Kota Semarang sudah melakukan persiapan sejak lama.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya