SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjamin harga berbagai komoditas pangan di pasar setempat tetap stabil menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. “Untuk komoditas-komoditas penting kita saat ini boleh dikatakan dijamin aman,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah Arif Sambodo di Kota Semarang, Jateng, Rabu (19/12/2018).

Ia mengungkapkan berdasarkan laporan Perum Bulog Divre Jateng, stok komoditas beras masih aman, bahkan saat ini stok cadangan beras Bulog tercatat sebanyak 140.477 ton sehingga mencukupi untuk kebutuhan selama 14 bulan ke depan. Yang menjadi perhatian saat ini, menurutnya justru komoditas cabai, karena merupakan salah satu penyumbang inflasi yang ada di Jateng setiap memasuki akhir tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk Natal dan akhir tahun ini boleh dikatakan dilihat dari angka inflasi pun, kita posisinya pada angka yang nyaman. Kalau dilihat dari pergerakan fluktuasi hari per hari, yang sedikit naik turun adalah cabai, tapi itu sifatnya hari ini naik Rp1.000 besok turun Rp1.000,” ujarnya.

Untuk komoditas bawang merah yang sempat memicu inflasi di November 2018, kata dia, diperkirakan tidak akan mengalami gejolak harga sebab beberapa wilayah di Kabupaten Brebes yang dikenal sebagai sentra bawang juga sudah memasuki masa panen. “Memasuki akhir tahun ini bisa dikatakan tidak ada komoditas pangan yang mengalami gejolak harga,” katanya.

Arif menyebutkan untuk memantau perkembangan harga komoditas pada akhir tahun, Pemprov Jateng mengandalkan aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (Sihati). Melalui aplikasi itu, bisa diketahui komoditas yang berada di level rawan kenaikan harganya sehingga bisa langsung diambil tindakan antisipasi.

“Kepada masyarakat, silakan berlibur akhir tahun dan juga merayakan Natal dengan nyaman. Pemerintah akan memastikan ketersediaan bahan pokok stabil dan terjangkau,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya