SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin disebut-sebut akan gulung tikar karena kekurangan dana. Namun kabar itu dibantah oleh Pemprov DKI Jakarta. Pusat dokumentasi sastra terlengkap di Indonesia itu akan tetap eksis.

“Saya menjamin tidak akan ditutup, tidak pernah terpikir untuk menutup itu,” kata Kelapa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budiman, Sabtu (19/3/2011).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Arie mengakui, anggaran untuk PDS HB Jassin memang mengalami penurunan untuk tahun ini. Namun bukan berarti, tidak ada solusi lain sehingga harus menutup tempat yang kerap menjadi rujukan para sastrawan itu.

“Memang bantuan yang diberikan pemprov kurang sesuai dengan harapan mereka, tapi tentu tidak akan serta merta ditutup. Dinas Pariwisata tentu akan mencoba mencari solusi bagaimana agar terus eksis dengan kondisi yang lebih baik,” kata Ari.

“Sudah menjadi kewajiban dari Pemprov DKI Jakarta untuk mencari solusi agar PDS HB Jassin tidak ditutup misalnya dengan mengajukan ulang anggaran dan masih banyak cara yang lain,” lanjut Arie.

Sebelumnya sejumlah sastrawan memperbincangkan soal kabar penutupan PDS HB Jassin ini di situs microblogging Twitter. Salah satunya Sitok Srengenge menuliskan ‘Akibat kurangnya subsidi itu, yang bahkan tak cukup untuk bayar listrik dan pemeliharaan fasilitas, #PDS hampir tak mungkin bertahan’.

Sementara itu pelaku sastra lainnya Eka Kurniawan mengaku sangat prihatin dengan kabar tersebut. Selama ini Eka mengaku sangat mengandalkan PDS HHB Jassin untuk mencari rujukan-rujukan sastra.

PDS HB Jassin didirikan oleh pengarang, penyunting, dan kritikus sastra H.B. Jassin pada tanggal 28 Juni 1976. Saat ini, lebih dari 48.000 dokumen sastra yang terdapat di PDS HB Jassin. Di tempat itu, tersedia ruang baca yang terbuka untuk publik.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya