SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

JOGJA — Dinas Kebudayaan DIY akan membangun dua museum baru yakni Museum Budaya Merapi di Pakem Sleman dan Museum Pleret di Bantul. Saat ini Pemprov masih melakukan pembebasan tanah yang membutuhkan dana Rp8 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dibutuhkan lahan seluas 10.000 meter persegi untuk Museum Budaya Merapi dengan dana Rp6 miliar. Sedangkan untuk Museum Pleret dibutuhkan lahan seluas 2.500 meter persegi dengan kebutuhan dana Rp2 miliar.

Pengajuan dana telah disampaikan dalam APBD Perubahan 2012 kepada DPRD DIY. “Kebutuhan dana hanya untuk pembebasan tanah,” ujar Kepala Seksi Museum Dinas Kebudayaan DIY, Budi Husada, Kamis (20/9).

Ia mengatakan, Museum Budaya Merapi berbeda dengan Museum Gunung Api Merapi (MGM). MGM menyajikan ilmu pengetahuan terkait vulkanologi dan geologi Gunung Merapi, sedangkan Museum Budaya Merapi menyajikan informasi aspek sosial budaya, meliputi kehidupan, tradisi, mitos termasuk living with harmony warga lereng Merapi.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya