SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Jawa Tengah mendeteksi adanya 201.000 penduduk provinsi ini yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik (e-KTP).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Jateng Sudaryanto mengatakan warga terbanyak yang belum merekam data e-KTP terbanyak berada di Kabupaten Brebes. “Paling banyak di Brebes, sekitar 109 ribu orang yang belum melakukan perekaman,” katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (24/1/2019).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Adapun daerah lain yang kekurangannya juga relatif banyak, lanjut dia, meliputi Kabupaten Pemalang, Tegal, Banyumas, dan Cilacap. Berbagai upaya dilakukan untuk memupus tingginya angka warga Jateng yang belum merekam data e-KTP tersebut.

Ia lalu mencontohkan untuk Kabupaten Brebes upaya percapatan yang dilakukan  antara lain dengan gotong royong bersama 11 kabupaten/kota yang ada di sekitarnya untuk menyelesaikan. “Beberapa waktu lalu kami goyong royong bersama 11 daerah untuk menyelesaikan Brebes, dalam tiga hari bisa mencapai 3.800 orang yang melaksanakan perekaman,” katanya.

Menurut dia, daerah seperti Brebes memang diperlukan penanganan tersendiri. “Ibaratnya kalau di Brebes, imbauan untuk perekaman KTP dibanding pertunjukan dangdut, mereka pilih datang ke pertunjukan dangdut,” katanya.

Masih cukup banyak, lanjut dia, upaya penyelesaian sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 terus diupayakan. Beberapa upaya yang dilakukan, kata dia, dengan jemput bola ke kampung-kampung untuk menyasar warga lansia dan warga difabel.

“Kemarin kami juga jemput bola ke lapas, panti asuhan serta sekolah-sekolah,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya