SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyuntikan vaksin Sinovac pada Vaksinasi Covid-19). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, JOGJA -- Masjid-masjid di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa digunakan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menanggapi pernyataan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK). JK sebelumnya mengatakan mulai bulan depan masjid dapat menjadi tempat vaksinasi Covid-19, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar tempat ibadah umat Islam itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Enggak masalah, kalau memang kelompok masyarakat akan menggunakan masjid sebagai lokasi vaksin tidak ada persoalan, jadi silakan saja," kata Aji, kepada wartawan di Komplek Kepatihan, Jogja, Rabu (24/3/2021).

Aji mengatakan penggunaan masjid sebagai lokasi penyuntikan vaksin Covid-19 sangat memungkinkan. Berbeda dengan pelaksanaan swab test yang menurutnya harus dilakukan di luar ruangan. Vaksinasi dapat digelar di dalam ruangan seperti di masjid.

Baca juga: Mayat Wanita Muda Ditemukan Di Wisma Sermo Kulonprogo, Ada Bercak Darah

"Kan proses vaksinasi itu berbeda dengan proses testing swab. Kalau proses testing swab itu lokasinya biasanya di luar ruangan, supaya aman. Sedangkan untuk proses vaksinasi kita harus mencari tempat yang nyaman, tidak kepanasan, tidak sumuk, kemudian sirkulasi udara baik. Boleh menggunakan AC juga," ujarnya.

Karena itu, masjid dan tempat ibadah lain seperti gereja kata Aji bisa dipakai untuk penyelenggaraan vaksinasi. "Masjid dipakai, gereja dipakai enggak ada masalah. Cuma memang selama ini kita menggunakan tempat-tempat untuk vaksinasi itu terutama untuk yang massal ya kita cari tempat lapang. Seperti kemarin digelar di Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo lantai tiga, JEC sampai taman Abu Bakar Ali," jelasnya

Sebelumnya Ketua DMI, Jusuf Kalla menyatakan masjid yang akan menjadi tempat vaksinasi Covid-19 harus memiliki sarana penunjang, seperti halaman dan bangunan yang luas, serta fasilitas pendukung lainnya. Dipilihnya masjid sebagai alternatif lokasi vaksinasi bertujuan untuk mengejar capaian sasaran vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya