SOLOPOS.COM - Foto bersama Pemimpin Nonghyup Group Kwon Soon Hyup (memakai jas hijau) dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (memakai batik merah) setelah jamuan makan malam di Loji Gandrung. (Foto istimewa/dokumen)

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyambut tamu dari NongHyup, Andong, Korea Selatan

Harianjogja.com, SOLO – Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyambut tamu dari NongHyup, Andong, Korea Selatan dalam jamuan makan malam di rumah dinas Loji Gandrung pekan lalu (17/12/2016).

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Tamu dari Korea tersebut adalah representasi kelompok petani nasional Korea, yaitu pimpinan Nonghyup Group Kwon Soon Hyup.

NongHyup merupakan federasi koperasi pertanian nasional Korea yang beranggotakan lebih dari 86.000 kelompok tani.

Dalam jamuan tersebut, terungkap keinginan Kwon untuk mengembangkan kerjasama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan NongHyup Group di bidang pertanian dan produk-produk agrikultur dalam skala industri.

Kwon mengungkapkan, ia sudah mengunjungi industri rumah tangga pembuatan tahu di Kartasura dan melihat pasar buah dan sayur di Surakarta. Ia melihat potensi kerjasama dan kolaborasi dengan penduduk lokal untuk mengembangkan potensi tahu.

Ia bermaksud menggandeng pengusaha dan penduduk lokal untuk mengembangkan industri tahu dan agrikultur terutama varian produk buah apel. Pengembangan itu akan diwujudkan dalam bentuk pembangunan infrastruktur pabrik, manajemen dan sumber daya manusia.

Terkait dengan tawaran itu, kata Rudy, Pemerintah Kota Surakarta menyambut baik keinginan NH Group untuk melaksanakan kerjasama agrikultur di Solo dan pemerintah siap memfasilitasi kerjasama ini.

Selain itu, Rudy memaparkan bahwa Kota Surakarta adalah pusat tekstil, kerajinan tangan dan mebel. Rudy berharap agar komoditas unggulan ini bisa dipasarkan di seluruh Korea melalui jaringan NongHyup.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Triyana, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Subagyo, Perwakilan Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta David Wijaya, Ketua Solo International Performing Arts Community Irawati Kusumorasri dan Direktur Paragon Mall Budianto.

David menambahkan, pada kesempatan berikutnya, perlu diselenggarakan pertemuan antara NongHyup dan pengusaha Solo dan sekitarnya supaya dapat dimatangkan dalam bentuk kerjasama nyata.

Sebelumnya, Kwon dan rombongan berkesempatan mengunjungi Paragon Mall dengan ditemani oleh Budianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya