Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno, Berhadiah Rp100 Juta

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membangun patung Bung Karno di tengah perempatan di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

 Pemerintah Kota Surabaya menggelar Sayembara Desain Patung Bung Karno dengan tema Warisi Apinya, Jangan Abunya yang berhadiah ratusan juta rupiah. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

SOLOPOS.COM - Pemerintah Kota Surabaya menggelar Sayembara Desain Patung Bung Karno dengan tema Warisi Apinya, Jangan Abunya yang berhadiah ratusan juta rupiah. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Solopos.com, SURABAYA — Pemerintah Kota atau Pemkot Surabaya akan membangun patung Bung Karno di tengah perempatan di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

Proses pembangunan diawali dengan sayembara desain patung Presiden RI pertama Soekarno (Bung Karno). Pemkot Surabaya menggelar sayembara desain patung Bung Karno dengan tema Warisi Apinya, Jangan Abunya. Pemkot Surabaya menawarkan hadiah ratusan juta rupiah.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Ini adalah bagian dari penghormatan kepada Bung Karno yang juga dikenal sebagai seniman dan arsitek,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Selasa (27/9/2022).

Menurut Cak Eri panggilan akrabnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa Bung Karno menjiwai arsitektur dalam kepemimpinannya. Karya-karya di era kepemimpinan Bung Karno yang timeless atau abadi, seperti Masjid Istiqlal, Monas, Gedung Sarinah, Hotel Indonesia, Tugu Selamat Datang, dan sebagainya.

“Kami berharap nantinya desain patung juga mewarisi semangat dan pemikiran Bung Karno yang selalu relevan sampai kapanpun,” ujar Cak Eri.

Baca Juga : Aksi di Patung Soekarno Boyolali, APPM: Hapus Kekerasan pada Perempuan

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, mengatakan pendaftaran Sayembara Desain Patung Bung Karno tidak dipungut biaya.

Para peserta bisa melakukan pendaftaran dan pengiriman karya pada 6 Juni-20 Oktober 2022. Tahap penjurian dan presentasi pada 23-30 Oktober 2022.

“Pameran karya pada 1-9 November 2022 dan pengumuman pemenang pada 10 November 2022. Karya dapat dikirimkan ke Disbudporapar Kota Surabaya Jalan Tunjungan No. 1-3 Lantai 2 [eks Gedung Siola],” kata Wiwiek.

Dalam Sayembara Desain Patung Bung Karno terdapat beberapa ketentuan, di antaranya bentuk patung seluruh tubuh, ekspresi mencerminkan semangat bangsa, desain patung dalam bentuk 3 dimensi mockup/model miniatur dengan ketinggian minimal 80 cm dan maksimal 100 cm, dan dilengkapi bentuk base/landasan.

“Material mockup bebas, desain patung merupakan karya orisinil, bukan plagiat dan tidak terikat hak cipta manapun [dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai]. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya, menyertakan narasi dari desain karya patung, serta keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” ujar dia.

Baca Juga : Patung Bung Karno di Semarang Ada Empat, Ini Sebaran Lokasinya

Wiwiek menjelaskan Pemkot Surabaya berhak menyempurnakan desain yang akan diaplikasikan. Karya desain patung juara satu, dua, dan tiga akan menjadi hak milik Pemkot Surabaya.

Karya yang tidak masuk nominasi juara dapat diambil kembali oleh peserta dalam jangka waktu dua pekan setelah pengumuman pemenang. “Jika peserta tidak mengambil karya dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka karya tersebut hak milik Pemkot Surabaya. Hak cipta semua karya desain patung menjadi milik peserta,” jelas dia.

Peserta yang meraih juara pertama akan mendapatkan Rp100 juta beserta sertifikat, juara kedua mendapatkan Rp60 juta beserta sertifikat, dan juara ketiga mendapatkan Rp30 juta beserta sertifikat.

“Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi narahubung, yaitu 081331825597, 08776238866, atau 085642428719.” kata dia.

Baca Juga : PT KAI Bakal Bangun Patung Bung Karno di Tengah Polder Stasiun Tawang

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cat Rescuer Kirim 6.000 Masker untuk Korban Erupsi Semeru

      Komunitas penyelamat kucing atau cat rescuer dari berbagai daerah menggalang masker untuk korban erupsi Gunung Semeru.

      Bus Masuk Jurang di Sarangan Sebabkan 7 Orang Meninggal, Polisi: Termasuk Sopir

      Bus yang mengangkut rombongan wisata asal Semarang mengalami kecelakaan maut, masuk jurang saat hendak menuju ke Telaga Sarangan, Magetan, Jatim.

      Semeru Erupsi, Warga 2 Desa di Lumajang Mengungsi

      Sebagian warga di dua desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022).

      Semeru Erupsi, Malang Diguyur Hujan Abu

      Erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) dini hari, menyebabkan hujan abu di wilayah Ampelgading, Kabupaten Malang.

      Operasi Gangster di Surabaya, 12 Remaja Bawa Sajam Ditangkap

      Operasi gabungan digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), untuk memberantas gangster dan aksi tawuran yang belakangan marak.

      Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Sarangan, 7 Orang Dilaporkan Meninggal

      Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan maut dengan terjun ke jurang saat melaju di Jalan Raya Sarangan - Tawangmangu.

      Gunung Semeru Kembali Erupsi, BPBD Imbau Warga Tidak Beraktivitas

      Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang kembali mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022).

      Gunung Semeru Erupsi di Tanggal yang Sama Tahun Lalu 4 Desember 2021

      Tepat satu tahun lalu, 4 Desember 2021 Gunung Semeru meletus dan pada hari ini gunung tertinggi di Pulau Jawa mengalami erupsi.

      Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818 Sampai Sekarang

      Gunung Semeru merupakan salah satu gunung api aktif tipe A yang tercatat mengalami erupsi kali pertama pada 1818.

      Video Detik-detik Gunung Semeru Erupsi, Terekam Jelas Luncuran Awan Panas

      Berikut ini terdapat video detik-detik Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari tadi.

      Erupsi dan Keluarkan Awan Panas, Status Gunung Semeru Siaga Level III

      Erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari dan mengeluarkan awan panas, status Gunung Semeru tetap di siaga level III.

      Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Awan Panas Setinggi 1,5 Kilometer

      Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari dan semburkan awan panas sejauh 1,5 km.

      Umpo Jadi Lokasi Muswil Ke-16 Muhammadiyah Jatim, Siap Sambut Ribuan Peserta

      Universitas Muhammadiyah Ponorogo akan menjadi tuan rumah Musyawarah Wilayah Muhammadiyah ke-16 Jawa Timur.

      Cerita Operator Alat Berat di TPA Madiun, Tenang Bekerja Berkat BPJamsostek

      Para pekerja yang mengoperasikan alat berat di TPA Winongo, Kota Madiun, kini tidak lagi cemas setelah mereka terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.

      Cocok Buat Jalan-Jalan! Madiun Diprediksi Cerah Berawan Sabtu Ini

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Sabtu 3 Desember 2022.