Tutup Iklan
Ilustrasi bus Damri. (Solopos-Dok)

Solopos.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya membuka rute baru Suroboyo Bus untuk jalur Middle East Ring Road (MERR) guna memenuhi kebutuhan transportasi massal sekaligus meningkatkan potensi wisata Pantai Kenjeran.

Seperti dikutip https://bisnis.com/">bisnis.com, Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyudrajad, mengatakan pembukaan rute baru ini merupakan permintaan dari masyarakat, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan angkutan untuk aktivitas sehari-hari.

“Rute baru ini resmi beroperasi pada 17 Agustus kemarin sebagai hadiah HUT RI kepada warga Surabaya,” katanya Senin (19/8/2019).

Adapun rute baru di sepanjang MERR yakni mulai dari Kenjeran Park hingga Gunung Anyar Timur . Di Gunung Anyar dimulai dari U-Turn Jalan Gunung Anyar Timur. Panjang rute ini baru ini mencapai 27 km, dengan total 35 halte dan bus stop.

Pada tahap pertama, rute MERR ini akan dilayani oleh 3 – 4 unit bus. Namun secara bertahap jumlah armada akan ditambah sejalan dengan kebutuhan angkutan yang idealnya dilayani oleh 20 unit bus dalam satu rute.

“Sementara headway atau waktu tunggu masih sekitar 25 – 30 menit dengan total waktu tempuh sepanjang jalur yakni 130 menit,” imbuh Irvan.

Meski begitu, lanjutnya, calon penumpang tidak perlu risau menunggu kedatangan bus lantaran Bus Suroboyo ini memiliki aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore. Aplikasi ini bisa memantau posisi atau keberadaan bus yang akan datang atau mendekati halte/bus stop.

Irvan menambahkan, rute baru MERR ini juga menjaid upaya pemerintah untuk mempersiapkan moda transportasi alternatif untuk jalan baru yang telah bangun guna menekan kemacetan.

“Proyek jalur MERR II-C di wilayah Gunung Anyar ini juga sedang dikebut agar Oktober nanti rampung, tapi kita harus antisipasi adanya potensi peningkatan volume kendaraan di jalur ini mengingat di sepanjang MERR ini banyak sekolah, rumah sakit, apartemen, pasar dan juga mal,” imbuhnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten