Tutup Iklan

Pemkot Solo Upayakan Gaji Guru Tidak Tetap Setara UMK

Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Solo mengupayakan honor guru tidak tetap (GTT) sesuai dengan upah minimum kota (UMK).

Pemkot Solo Upayakan Gaji Guru Tidak Tetap Setara UMK

SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru mengajar. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Solo mengupayakan honor guru tidak tetap (GTT) sesuai dengan upah minimum kota (UMK).

Hal tersebut disampaikan Kepala bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Pendidik Disdik Solo Budi Setiono. Dia mengakui gaji guru honorer Rp250.000/bulan dengan beban 24 jam mengajar selama sepekan.

“Honor diambilkan dari APBD yakni Rp250.000 per bulan. Itu untuk tuntutan mengajar 24 jam/pekan,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruangannya di Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Selasa (29/1/2019).

Ia mengupayakan pemberian honor GTT sesuai UMK. “Sedang kami upayakan. Upah GTT sesuai dengan UMK hingga 2005 nanti. Setelah itu sudah tidak ada GTT dan PTT karena digantikan P3K [pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja],” ujar dia.

Ketua Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Solo sekaligus koordinator GTT Solo, Asmuni, berharap GTT mendapat honor sesuai UMK. “Saya berharap pemerintah lebih memerhatikan nasib GTT. Selama ini upah GTT jauh di bawah UMK,” ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa.

Ada dua kategori GTT yakni GTT di sekolah swasta dan GTT di sekolah negeri. Upah GTT di sekolah negeri berbeda dibandingkan upah GTT di sekolah swasta. “Upah GTT di sekolah swasta lebih besar dibandingkan sekolah negeri. Sekolah negeri dapat honor Rp250.000 per bulan, di sekolah swasta GTT dapat honor Rp500.000 hingga Rp750.000,” ujar dia.

Ada beberapa guru yang memberikan dana sertifikasi mereka untuk GTT. “Guru di Sekolah Dasar (SD) Islam Cokrominoto, mereka memberikan sebagian uang sertifikasi kepada GTT. Jumlah guru sertifikasi ada enam, satu PNS dan untuk GTT ada empat. Saat tunjangan sertifikasi cair, mereka sukarela memberikan memberikan bantuan untuk GTT,” ujarnya.

Asmuni menilai pemerintah selalu tutup mata dengan gaji GTT. Ia mengimbau pemerintah mendata ulang GTT di berbagai sekolah. “Kasarannya begini, masak guru gajinya kalah dengan tukang sampah? Pemerintah selalu menutup mata dengan fenomena ini,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.