Pemkot Solo Tak Larang Warga Gelar Balap Lari, Tapi...
Tangkapan layar video aktivitas balap lari di kawasan Kota Barat, Solo, Minggu (13/9/2020) malam. (Instagram @infobalaplarisolo)

Solopos.com, SOLO -- Pemkot Solo tak melarang warga menggelar ajang balap lari seperti yang belakangan ini viral via media sosial.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memberikan lampu hijau untuk kegiatan tersebut. Namun, hal itu dengan catatan harus meminta izin terlebih dahulu kepada Satgas Penanganan Covid-19 Solo.

Hingga saat ini, belum ada koordinasi antara panitia balap lari dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Waduh! Tiga Anggota KPU Positif Terpapar Covid-19

“Kalau olahraga lari ya, biarkan saja. Tapi kalau ada perlombaan dan sebagainya harus ada komunikasi dan koordinasi dengan Pemkot terutama Dinas Kesehatan. Karena yang namanya lari mengeluarkan tenaga cukup besar. Kalau terjadi apa-apa biar bisa segera ada tindak lanjut," paparnya kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

Rudy, panggilan akrabnya, mengatakan balap lari yang atas inisiatif warga tanpa koordinasi dengan Pemkot Solo rawan menimbulkan masalah.

Sejarah Warteg: Era Penjajahan Belanda, Urbanisasi 1960-an, hingga Versi Kekinian

Ia mencontohkan jika saat perlombaan terjadi sesuatu hal yang buruk, tidak akan ketahuan siapa yang harus bertanggung jawab.

Menerapkan Protokol Kesehatan

"Namanya perlombaan mesti ada konsultasi ke Satgas Penanganan Covid-19. Apalagi ini masih pandemi. Tetap menerapkan protokol kesehatan. Tetap memakai masker,” pesannya.

Kakek-Kakek Combongan Sukoharjo Tertabrak Motor Hingga Meninggal, Keluarganya Terima Bantuan

Sebelumnya, video balap lari yang menempuh jarak 100 meter dengan lokasi sebelah utara Lapangan Kota Barat atau Jl Yosodipuro, Kecamatan Banjarsari, sempat viral via media sosial.

Kepolisian membubarkan lomba balap lari itu lantaran menimbulka kekhawatiran akan memicu kerumunan massa yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Aksi Unik Polisi Sukoharjo, Dandan Ala Tokoh Wayang Dan Bakul Jamu Saat Bagi-bagi Masker

Penggagas lomba balap lari tersebut, CEL, 19, mengakui belum mengurus izin baik ke kepolisian maupun Pemkot Solo sebelum menggelar balap lari perdana pada pekan lalu itu. Ia kini tengah mengurus perizinan tersebut ke kepolisian.

CEL berdalih balap lari yang diselenggarakan di jalan raya itu tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. Selain itu, peminat kegiatan itu juga banyak, bahkan termasuk kalangan ibu-ibu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom