Tutup Iklan

Pemkot Solo Siapkan Taman Balekambang Jadi Alternatif Pengganti Joglo Sriwedari

Pemkot Solo Siapkan Taman Balekambang Jadi Alternatif Pengganti Joglo Sriwedari

SOLOPOS.COM - Sendratari Ramayana di Taman Balekambang (Ilustrasi/Burhan Aris Nugraha/dok)

Pemkot Solo menyiapkan Taman Balekambang untuk menjadi alternatif pengganti Joglo Sriwedari yang akan dibongkar.

Solopos.com, SOLO -- Taman Balekambang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebagai lokasi alternatif pengganti Joglo Sriwedari yang rencananya dibongkar untuk keperluan pembangunan Masjid Taman Sriwedari.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Solo, Basuki Anggoro Hexa, menjelaskan merujuk detail engineering design (DED) penataan kawasan Taman Balekambang, panggung di Balekambang akan dirombak. “Jadi nanti ada panggung yang menghadap ke utara dan timur,” kata dia ketika berbincang dengan wartawan, Sabtu (24/2/2018).

Sesuai perencanaan panggung yang menghadap timur tersebut akan disediakan sebagai public space. Panggung tersebut dibuat guna mengakomodasi aktivitas para pegiat kesenian. Dengan demikian, Dispar mempersilakan pegiat seni untuk memanfaatkan panggung tersebut untuk latihan atau kegiatan kesenian lain sekaligus pengganti Joglo Sriwedari.

Panggung yang menghadap ke utara akan dikhususkan bagi event-event besar seperti Sendratari Ramayana setiap bulan purnama. Kapasitas tempat duduk disiapkan 1.200 orang. (Baca: Joglo Sriwedari Dirobohkan, Hilanglah Ruang Interaksi Warga Solo)

“Kalau sekarang ini memang untuk Joglo Sriwedari belum ada penggantinya. Tapi masyarakat bisa menggunakan lokasi lain, seperti pendapa kelurahan, kecamatan atau Pendapi Gede Balai Kota,” katanya.

Terkait rencana pembongkaran Joglo Sriwedari, dia mengatakan untuk saat ini penggunaan joglo sudah dibatasi sejak beberapa waktu terakhir. Selain Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (Hamkri), ada beberapa pengelola sanggar yang berkantor di kompleks Joglo Sriwedari. Semuanya sudah diberikan sosialisasi tentang pembongkaran itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Endah Sitaresmi Suryandari belum bisa memastikan kapan pembongkaran Joglo Sriwedari akan direalisasikan. Apalagi lahan Joglo Sriwedari hanya didesain menjadi lokasi fasilitas pelengkap Masjid Taman Sriwedari dan bukan bangunan utama masjid. (Baca: Pemkot Solo Siapkan Pengganti Joglo Sriwedari, Ini Lokasinya)

Wakil Wali Kota (Wawali) Solo sekaligus Ketua Panitia Pembangunan Masjid taman Sriwedari, Achmad Purnomo mengatakan telah melakukan pertemuan dengan pimpinan Wijaya Karya (Wika). Panitia ingin menunjuk langsung perusahaan pelat merah itu untuk membangun masjid di lahan eks Taman Hiburan Remaja (THR) Sriwedari seluas 17.200 meter persegi.

Masjid dengan bangunan utama seluas 4.330 meter persegi akan mulai dibangun awal Maret. Tempat ibadah di tepi ruas jalan utama Kota Solo tersebut didesain mampu menampung jemaah sebanyak 7.680 orang. Masjid yang dibangun dengan biaya sekitar Rp161 miliar nantinya dilengkapi lima menara, satu di antaranya menjadi menara utama setinggi 114 meter.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.