SOLOPOS.COM - Ilustrasi perpusda (JIBI/dok)

Pemkot Solo kembali membuka layanan Perpusda hingga pukul 21.00 WIB.

Solopos.com, SOLO-Mulai Senin (11/7/2016), Perpustakaan Daerah (Perpusda) mulai melayani masyarakat hingga pukul 21.00 WIB. Sebelumnya, jam pelayanan itu sempat dipangkas hanya sampai pukul 18.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Solo, Sis Ismiyati, selain pelayanan di perpustakaan yang kembali seperti awal. Pelayanan lain seperti perpustakaan keliling juga kembali seperti semula. Sebelumnya, saat Lebaran, perpustakaan daerah dan perpustakaan keliling juga diliburkan selama sepekan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mulai hari ini [Senin], pelayanan sudah kembali seperti semula baik perpustakaannya dan perpustakaan keliling. Pekan lalu pada Senin [4/7/2016] hingga Minggu [10/7/2016], pelayanan kami liburkan. Saat itu, kami manfaatkan untuk fumigasi agar buku-buku tetap terawat,” katanya saat dihubungi Espos, Senin.

Fumigasi itu untuk membunuh kutu atau hewan lain yang merusak buku. Kegiatan itu dilakukan setahun sekali untuk merawat buku-buku agar tidak mudah rusak karena sering dibaca masyarakat.

Selain buku-buku di perpustakaan daerah, fumigasi juga dilakukan untuk buku di perpustakaan keliling. Sedangkan untuk perpustakaan kampung dan pojok baca diharapkan bisa dirawat secara mandiri oleh pengelola karena keterbatasan anggaran.

“Untuk perpustakaan kampung, perpustakaan di taman cerdas, dan pojok baca diharapkan bisa merawat buku-bukunya secara mandiri. Kalau semua kami fumigasi, anggarannya cukup besar,” ujarnya. Ia berharap dengan perawatan yang baik, pengunjung juga lebih senang untuk membaca buku.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya