Pemkot Solo Pastikan Museum Batik di Eks Rumah Koruptor Gandeng UMKM

Pemkot Solo Pastikan Museum Batik di Eks Rumah Koruptor Gandeng UMKM

SOLOPOS.COM -

Pemkot Solo akan menggandeng UMKM dalam pembangunan museum batik.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam merealisasikan operasional Museum Batik.

Wakil Wali Kota (Wawali) Solo Achmad Purnomo mengatakan pelaku UMKM batik di Kota Solo akan dilibatkan Pemkot dari rencana hingga Museum Batik dioperasionalkan. Pemkot bahkan menyiapkan pojok khusus bagi para pelaku UMKM jika nantinya museum batik beroperasi.

“Jumlah pelaku UMKM batik kita kan sangat banyak sekali. Nanti kita akan wadahi mereka di museum batik,” kata Purnomo ketika dijumpai wartawan di kantornya, Jumat (20/10/2017).

Saat ini, Pemkot tengah menyiapkan tim kurator untuk menyusun konsep desain museum batik. Menurutnya, penyusunan konsep desain museum batik membutuhkan waktu relatif lama.

Tak hanya berkaitan dengan anggaran, tapi juga koleksi-koleksi batik yang bernilai tinggi. Purnomo yang ditunjuk sebagai ketua pembentukan museum batik mengatakan koleksi yang akan dipamerkan nanti bukanlah batik sembarang melainkan batik-batik masterpiece dari berbagai daerah di Indonesia.

“Museum batik ini nanti tidak hanya koleksi batik Solo saja, tapi Nusantara seperti Pekalongan, Madura, Papua dan lainnya,” katanya.

Sebelum museum batik beroperasi, Purnomo mengatakan tanah dan bangunan milik mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Djoko Susilo yang dihibahkan ke Pemkot itu akan digunakan sebagai tempat pelatihan, workshop, dan lain sebagainya.

Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan bakal menarik kegiatan ekstrakurikuler membatik tingkat SD dan SMP atau sederajatnya dilaksanakan di bangunan tersebut. Hal ini sebagai tahap pertama sebelum Museum Batik akan dioperasionalkan Pemkot di tahun depan.

“Bangunan ini akan langsung kita fungsikan untuk berbagai kegiatan terkait membatik,” kata dia.

Kegiatan mulai workshop, pelatihan hingga proses membatik akan dilaksanakan di bangunan tersebut. Pemkot tidak ingin setelah penyerahan bangunan mangkrak dan tak segera digunakan untuk kepentingan umum. “Nanti akan kita tempatkan alat-alat untuk membatik. Jadi bisa langsung dimanfaatkan,” katanya.

Sebelum memfungsikan bangunan tersebut, Pemkot akan menjalin komunikasi dengan keluarga Djoko Susilo. Komunikasi dilakukan terkait aset mebeler dan perkakas lain yang hingga kini masih berada di dalam bangunan tersebut.

Namun demikian, Rudy tak bisa memberi kepastian waktu kapan akan membahas persoalan tersebut bersama keluarga Djoko Susilo. “Pokoknya secepatnya akan kami bahas,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Wadas Purworejo Gugat Ganjar Pranowo ke PTUN Terkait Pembangunan Bendungan Bener

Warga Wadas, Purworejo, merasa dirugikan dengan dikeluarkannya izin penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan Bendungan Bener oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Ini Kegunaan PlasmaHub, Platform Digital Buatan ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS meluncurkan PlasmaHub untuk mempermudah warga mendonorkan plasma konvalesen

Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Hotel dan Restoran di Malang terpaksa merumahkan separuh dari total karyawan mereka untuk bisa bertahan sekaligus mematuhi aturan PPKM.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.