SOLOPOS.COM - Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR). (Rohmah Errmawati/JIBI/Solopos)

Puluhan APAR dipasang di tiga pasar di Solo.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali memasang puluhan alat pemadam api ringan (APAR) di sejumlah pasar di Kota Bengawan yakni Pasar Sangkrah, Pasar Rejosari dan Pasar Kadipolo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo mengatakan puluhan APAR tersebut merupakan bantuan dari corporate social responsibility (CSR) Bank Danamon yang diberikan kepada Pemkot belum lama ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebelumnya kami memasang ratusan APAR untuk pasar tradisional. Apar ini dipasang untuk antisipasi kebakaran di lingkungan pasar,” kata Subagiyo ketika dijumpai wartawan di Solo, Selasa (5/12/2017).

Minimal, Subagiyo mengatakan ada 10 APAR terpasang di setiap pasar. APAR harus selalu dicek secara rutin setiap enam bulan sekali untuk memastikan masih berfungsi atau tidak. Pemkot juga rutin mengadakan pelatihan antisipasi kebakaran setahun sekali.

Menurut Subagiyo, langkah antisipasi kebakaran dinilai penting agar kasus kebakaran Pasar Klewer yang terjadi pada akhir Desember 2014 lalu tidak terulang kembali di pasar lain.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Solo Gatot Sutanto mengatakan 60 persen kasaus kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek. Guna mengantisipasi kebakaran tersebut, Gatot mengaku terus memberikan sosialisasi dan simulasi penanganan jika terjadi bencana kebakaran.

Simulasi kebakaran ini diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga, instansi pemerintahan, swasta, pedagang pasar, dan masyarakat. Adapun tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran. “Supaya kasus kebakaran di Solo ini terus menurun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya