Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Pemkot Solo Membuka Link Pendaftaran Vaksinasi Bagi Lansia, Ini Tautannya

Pemkot Solo Membuka Link Pendaftaran Vaksinasi Bagi Lansia, Ini Tautannya
user
Senin, 19 April 2021 - 14:32 WIB
share
SOLOPOS.COM - Anggota Polri mendampingi warga lanjut usia (lansia) yang disuntik vaksin Covid-19 di Balai Desa Demakan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Selasa (9/3/2021). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyebar tautan pendaftaran vaksinasi Covid-19 khusus warga lanjut usia (lansia) sejak Jumat (16/4/2021). Tautan resmi melalui laman https://dinkes.surakarta.go.id/pendaftaran-vaksinasi-covid-19/ tersebut diperuntukkan bagi pelaksanaan vaksin pada 26-30 April.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKK Solo, Tenny Setyoharini, mengatakan tautan ini berbeda dengan yang sempat beredar beberapa waktu lalu.“Linknya harus melalui laman resmi kami dulu. Bukan yang sempat kami konfirmasi hoaks,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (18/4/2021).
Tenny mengatakan pendaftaran dibuka tiap Senin sampai Sabtu mulai 16 sampai 22 April 2021 pada jam 08.00-16.00 WIB. Persyaratan untuk mendaftar vaksinasi adalah penduduk Kota Solo yang dibuktikan dengan KTP dan berumur 60 tahun ke atas.
“Saat masuk ke tautan tersebut, warga sudah langsung diminta memilih fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia, kemudian memilih tanggal dan jamnya. Apabila tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka fasilitas pelayanan kesehatan berhak menolak,” jelas Tenny.
Saat pelaksanaan vaksinasi, warga lansia yang sudah terdaftar bakal diminta menunjukkan tangkapan layar atau screenshot berisi formulir pendaftaran vaksinasi lansia yang berisi nama, NIK, faskes, tanggal, dan jam vaksinasi dari halaman form isian sebelum mengklik kirim/submit. “Tangkapan layar itu sebagai bukti pendaftaran saat datang ke faskes,” imbuh dia.
Dia meminta warga proaktif mendaftarkan semua orang tua yang sudah lanjut usia guna mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Untuk pendaftaran via kelurahan masih berlaku, ya. Kami membuka tautan ini untuk menggenjot capaian. Pendaftaran melalui website tentu akan dimanfaatkan mereka yang melek teknologi. Sementara, yang belum mengerti langsung ke kelurahan. Harapannya, 70% warga lansia di Solo divaksin,” ucapnya.
Sebelumnya, Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mendorong kelurahan segera melengkapi data, guna percepatan capaian program vaksinasi. “Setiap kelurahan kami minta mendata warganya yang lansia agar segera menerima vaksin. Kami ingin agar capaian vaksin untuk lansia ini lebih tinggi dari pelayan publik sesuai prioritas pusat. Makanya, kelurahan kami minta segera melengkapi pendataan agar jadwalnya juga segera diatur,” kata dia, belum lama ini.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN