Pemkot Solo Kebut Persiapan Tuan Rumah ASEAN Para Games

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengebut persiapan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 pada Juli 2022 mendatang.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Mariyana Ricky PD)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengebut persiapan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 pada Juli 2022 mendatang. Hingga saat ini baru venue pertandingan dan hotel yang siap digunakan.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat dijumpai wartawan, Rabu (26/1/2022) mengatakan jeda waktu selama enam bulan baru hotel dan venue pertandingan yang sudah siap digunakan. Rencananya pekan depan baru ada pembahasan terkait anggaran pelaksanaan ASEAN Para Games.

PromosiMengenal S.G. Alan Thomas, Atlet Serba Bisa yang Prakarsai Piala Thomas

Gibran yang dipercaya menjadi Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) itu mengatakan persiapan yang susah justru dari sektor anggaran. Pemkot Solo tengah mengejar sponsor untuk ASEAN Para Games. Dia juga menunggu instruksi khusus dari Menpora terkait pelaksanaan ASEAN Para Games.

Baca Juga: Resmi! Solo Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

“Stadion Manahan jelas digunakan, GOR Indoor Manahan tidak sampai kalau pelaksanaan Juli. Ada venue dari Kabupaten Karanganyar juga, artinya akan ada koordinasi,” kata dia.

Ia menambahkan 2011 lalu atlet berada di Asrama Haji Donohudan, pada tahun ini seluruh atlet dan ofisial berada di hotel Kota Solo sekaligus penerapan sistem bubble. Ia memastikan semua hotel di Solo bakal terpakai selama ASEAN Para Games. Menurutnya ada 3.000 atlet yang akan berada di Solo selama pelaksanaan ASEAN Para Games.

“3.000 itu masih atletnya saja belum ofisial. Pekan depan baru kelihatan semua anggaran dan lain-lain. Kalau sponsor sambil jalan nanti ke depan, rapat sama Menpora juga,” kata dia.

Gibran tak menampik ASEAN Para Games 2022 merupakan napak tilas 2011 saat Wali Kota Solo merupakan ayah kandungnya Presiden Joko Widodo. Tidak menutup kemungkinan orang-orang yang terlibat pada ASEAN Para Games 2011 bakal kembali terlibat pada 2022 ini. Namun ia memprioritaskan warga Solo untuk terlibat pada ASEAN Para Games kali ini.

Perbaiki Venue

Sebelumnya Gibran mengatakan pemilihan Solo sebagai tuan rumah merupakan kabar baik karena kembali dipercaya jadi tuan rumah Asean Para Games ke-11. Ia mengaku sebagai ketua Inaspoc bakal langsung memperbaiki venue-venue pertandingan yang kurang baik dalam waktu kurang dari enam bulan. Ia meyakini Solo sudah sangat siap menyusul standar Internasional lokasi pertandingan.

Menurutnya sebagai tuan rumah sangat menguntungkan sebagai branding dan pemulihan ekonomi. “Ada beberapa venue di Karanganyar, hotel juga ada di sana. Kami akan melibatkan kepala daerah lain juga,” kata Gibran.

Sementara itu, terkait dengan rencana pemusatan latihan di Karanganyar, Gibran belum mengetahui detail pasti pelaksanaan itu. Menurutnya akan ada koordinasi dengan pemerintah setempat untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan Asean Para Games.

Baca Juga: Vietnam Mundur Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games, Indonesia Minat?

Solo terpilih sebagai tuan rumah setelah akhir tahun 2021 Vietnam resmi mengundurkan diri menjadi tuan rumah Asean Para Games pada 2022. Hal itu dikarenakan penyelenggara mempertimbangkan kondisi gelombang keempat pandemi virus corona.

Mundurnya Vietnam langsung ditangkap Indonesia dengan mengajukan diri. Ketua Umum NPC Senny Marbun langsung menyampaikan usulan itu kepada Presiden Republik Indonesia. Dia menyampaikan kesiapan saat menemani menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cenderawasih Jayapura lalu. Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah menggantikan Vietnam.

“Ada sebelas negara bersama Timor Leste. Kami sangat optimistis juara umum, di atas kertas juara umum. Namun tidak boleh mendahului Tuhan,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Resmi! Indonesia U-23 Bertemu Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand yang menjadi juara Grup B dengan 9 poin seusai mengalahkan Laos 1-0 dan hasil imbang Malaysia melawan Kamboja 2-2.

Malaysia Imbang, Kans Indonesia Lawan Thailand di Semifinal SEA Games

Malaysia tergusur ke posisi kedua klasemen Grup B dengan 8 poin setelah hanya bermain imbang 2-2 melawan Kamboja.

Sah Berseragam Persis Solo, Gavin Reuni dengan Jacksen Tiago

Gavin sudah sudah sangat akrab dengan gaya permainan Coach Jacksen F. Tiago, setelah dua tahun menjalin kerja sama di Barito Putera sejak pertengahan 2017 hingga 2019 lalu.

Vietnam U-23 Lebih Siap Bertemu Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Pelatih Timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo mengatakan belum pernah menyaksikan langsung pertandingan Malaysia di SEA Games 2021.

Shin Tae-yong Beberkan Strategi Indonesia ke Semifinal SEA Games 2021

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengatakan menyiapkan taktik khusus untuk melawan Myanmar.

Lawan Indonesia di Semifinal SEA Games, Antara Malaysia dan Thailand

Siapa lawan Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2021 baru diketahui nanti sore, dan kemungkinan besar antara Malaysia dan Thailand.

Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Ini Calon Lawannya

Timnas Indonesia U-23 kemungkinan besar menghadapi Malaysia atau Thailand di semifinal sepak bola putra SEA Games 2021.

Timnas Indonesia Bekuk Myanmar 3-1, Melenggang ke Semifinal SEA Games

Timnas sepak bola Indonesia berhasil lolos ke semifinal SEA Games 2021 membekuk Myanmar 3-1.

Live Streaming MotoGP Prancis di Sini, Jangan Ketinggalan!

Balapan seri ketujuh MotoGP 2022 di Prancis akan disiarkan langsung di televisi dan secara live streaming.

Atasi Indonesia 3-0, India Cetak Sejarah Juara Piala Thomas

India untuk kali pertama dalam sejarah merebut Piala Thomas.

Link Live Streaming SEA Games 2021: Indonesia U-23 vs Myanmar U-23

Timnas Indonesia U-23 hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal cabor sepak bola SEA Games 2021.

Liverpool Juara Piala FA, Ini Rekor Anyar Jurgen Klopp

Trofi Piala FA membuat Jurgen Klopp menjadi manajer kedua Liga Inggris yang menjuarai Piala Eropa atau Liga Champions, Piala FA, Piala Liga dan juara liga setelah Alex Ferguson bersama Manchester United.

Bicara Liverpool Quadruple, Jurgen Klopp: Tunggu City Lawan West Ham

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan peluang timnya merebut empat trofi musim ini (quadruple) akan menjadi lebih jelas pada Minggu ketika pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester City dijadwalkan bermain.

Persis Solo Datangkan Kiper Baru Lagi, Kali Ini Asal Borneo FC

Anak dari legenda sepak bola Manado, Hendra Pandeynuwu tersebut menantikan kehangatan dari dukungan suporter Persis Solo.

Final Piala FA 2022: Ini Fakta Menarik di Balik Liverpool Juara

Chelsea dua kali gagal menaklukkan Liverpool dalam dua kali final di turnamen domestik musim ini.