Tutup Iklan

Pemkot Solo Janji Naikkan Dana Pensiun ASN

Pemkot Solo Janji Naikkan Dana Pensiun ASN

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pemkot Solo berjanji untuk menaikkan dana pensiun aparatur sipil negara.

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo berencana menaikkan tambahan dana pensiun bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Tambahan dana pensiun tersebut akan dibantu APBD Kota Solo untuk membayar premi ke PT Taspen.

“Nanti kami carikan regulasinya dulu. Kalau memang ada, ya akan ditambah dana pensiun yang preminya dibayar APBD kota,” kata Wali Kota di hadapan ratusan ASN di sela-sela penyerahan bantuan corporate social resposibility (CSR) PT Taspen di halaman Balai Kota, Senin (19/2/2018).

Selama ini dana pensiun yang diterima ASN masih rendah. Tanpa menyebut nominalnya, Rudy menilai dana pensiun tersebut kurang layak diterima ASN yang sudah mengabdikan diri puluhan tahun bagi Pemkot.

Karena itu, Pemkot berupaya untuk menambah dana pensiun di mana premi tambahan untuk tunjangan hari tua (THT) ditanggung APBD Kota Solo. Diusahakan tambahan tersebut tidak mengganggu anggaran tunjangan kinerja (tukin) yang selama ini sudah diberikan kepada ASN.

“Misal hanya Rp100.000 per bulan sebenarnya sedikit. Nanti dihitung berapa kebutuhannya dan jangan sampai preminya ini memotong dari tukin ASN,” katanya.

Direktur Utama Taspen Bagus Rumbogo mengatakan tambahan dana pensiun sudah dilakukan beberapa pemerintah kota/kabupaten lain. Bangka Belitung menjadi salah satu kota yang sudah menerapkan tambahan dana pensiun melalui program THT PT Taspen. Program ini adalah layanan THT dengan premi minimal Rp100.000 per bulan.

“Kami mendorong Pemkot Solo agar ASN mendapat tambahan dana pensiun sehingga semakin nyaman dalam bekerja dan mendapatkan jaminan layak saat pensiun,” katanya.

PT Taspen telah melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada ASN. Inovasi itu di antaranya Mobil Layanan Taspen, Layanan 1 Jam, Layanan Klaim Otomatis (LKO), Aplikasi SIMGAJI. Tak hanya itu, PT Taspen (Persero) yang mengelola program Tabungan Hari Tua (THT) juga bertanggung jawab mengelola Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi ASN.

JKK adalah perlindungan atas kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. Sedangkan Jaminan Kematian adalah perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa santunan kematian.

"Taspen adalah rumah bagi ASN, kesejahteraannya kami yang urus. Kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi ASN. Untuk PNS yang meninggal, dua anaknya akan dibiayai dari SD hingga jenjang perguruan tinggi. Kalau jaminan kecelakaan kerja bisa klaim hingga Rp350 juta, tergantung preminya," jelas Bagus.

Selain melaksanakan bisnisnya, PT Taspen berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial di lingkungannya melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Di Solo misalnya, PT Taspen menyerahkan bantuan CSR, satu unit mobil ambulans, 18 unit komputer untuk SMP Negeri 12 Solo, beasiswa, dan Kartu Identitas Pensiun (Karip) untuk 21 ASN Pemkot yang pensiun.

“Bantuan ini dibutuhkan dan diharapkan bermanfaat untuk warga Solo. Seperti mobil ambulans ini bisa digunakan orang sakit, dan peralatannya komplet,” harap warga asli Kota Bengawan ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.