SOLOPOS.COM - Masjid Al Wustho di dekat Pura Mangkunegaran, Solo. Foto diambil Jumat (16/12/2022). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO — Masjid Al Wustho di dekat Pura Mangkunegaran mendapat bantuan dari Pemkot Solo  untuk menambah sarana dan prasarana demi menjadi tempat ibadah ramah anak (TIRA). Bantuan senilai Rp100 juta itu untuk membangun fasilitas baik indoor maupun outdoor bagi anak-anak yang mengunjungi masjid.

“Kami mengusulkannya [permohonan bantuan] sebelum diresmikan. Dana tersebut cair setelah masjid diresmikan sebagai TIRA,” jelas Sekretaris Takmir Masjid Al Wustho, Purwanto, saat ditemui Solopos.com di kompleks masjid, Jumat (16/12/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sejumlah fasillitas outdoor yang ditambahkan berupa taman bermain anak-anak di dalam kompleks masjid. fasilitas itu sudah selesai dibangun. “Sudah dibuatkan tempat mainan anak-anak yang fasilitasnya untuk anak SD atau SMP, yang bisa bermain di sekitaran kompleks,” kata dia.

Untuk fasilitas indoor, takmir masjid telah menyediakan sejumlah fasilitas bagi para jamaah seperti perpustakaan, pojok baca, ruang konseling, dan pojok ASI bagi ibu-ibu yang menyusui anaknya.

Baca Juga: SMPN 6 Salatiga Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Purwanto mengakui belum semua fasilitas yang mencerminkan Masjid Al Wustho sebagai TIRA terpenuhi. Namun  pengurus masjid berkomitmen untuk terus berupaya melengkapinya secara bertahap.

Purwanto lebih jauh bercerita saat ditunjuk sebagai TIRA, Masjid Al Wustho belum memiliki fasilitas yang mendukung untuk itu. “Kemarin begitu ditunjuk, kami belum siap,” singkatnya.

Namun setelah penambahan fasilitas dilakukan, harapannya, masjid bisa menjadi tempat ibadah dan ruang belajar yang nyaman dan aman bagi anak-anak.

“Jangan sampai seolah-olah kita mengajak anak-anak ke masjid itu mengganggu [ibadah]. Tapi sekarang dengan TIRA ini mindset-nya kita ubah. Anak-anak kita ajak ke masjid. Kita kenalkan masjid, mereka nanti menjadi generasi penerus,” jelasnya.

Baca Juga: Jadi Sekolah Ramah Anak, SDN Kroyo Sragen Komitmen Setop Perundungan 

Staff Keamanan dan Juru Parkir di Masjid Al Wustho, Feri Setiawan, mengatakan taman bermain berada di pojok kanan depan masjid. Taman bermain tersebut akan dilengkapi perosotan dan wahana permainan anak-anak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya