SOLOPOS.COM - Ini dia Taman Cerdas, Jebres di Solo. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo akan membangun empat taman cerdas.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal membangun sebanyak empat taman cerdas di empat kelurahan tahun ini. Keempat kelurahan ini adalah Kratonan (Serengan), Bumi (Laweyan), Semanggi (Pasar Kliwon), dan Jebres (Jebres). Pembangunan fisik ini senilai Rp8 miliar yang dianggarkan di APBD 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari keempat taman cerdas ini, yang ada di Kelurahan Semanggi dan Jebres yang merupakan proyek lanjutan. Selebihnya dua taman cerdas lain, yakni Kratonan dan Bumi membangun yang baru. Kelurahan Kratonan digelontor dana sebesar Rp1,5 miliar.

Sedangkan Kelurahan Bumi dialokasikan anggaran senilai Rp2,1 miliar, sementara Kelurahan Semanggi dikucuri Rp2 miliar, dan taman cerdas di Kelurahan Jebres digelontori Rp2,4 miliar.

“Kami baru membangun taman cerdas tahun ini meski sebenarnya detail engineering design [DED] sudah dibuat sejak 2014. Kami berencana membangunnya dua tahap. Tahap pertama kami akan membikin panggung terbuka,” papar Lurah Bumi, Herwin, kepada wartawan, Kamis (9/2/2017).

Open Stage

Menurutnya, open stage ini dibangun untuk memfasilitasi warga yang hampir setiap kampung di Bumi memiliki kelompok kesenian di segala usia mulai dari anak-anak hingga orangtua. Taman cerdas ini nantinya terletak di Kampung Kabangan RT 005/RW 004 seluas setengah hektare.

Herwin menambahkan nantinya taman cerdas ini sebagai miniatur Taman Balekambang. Tahap pembangunan pertama bakal dimulai April dan diperkirakan rampung dalam enam bulan. Sedangkan tahap kedua direncanakan akan membuat ruang teknologi informasi, perpustakaan, dan lanskap.

“Kami berharap pembangunan bisa kontinyu hingga tahun depan sehingga taman ini bisa langsung dimanfaatkan oleh warga. Konsep awal kami adalah membuat miniatur Taman Balekambang,” imbuhnya.

Sedangkan taman cerdas di Kelurahan Semanggi merupakan pembangunan lanjutan dari tahap pertama pada 2016 lalu. Tahap pertama taman cerdas yang memakai lahan bekas makam ini sudah ada pendopo dan taman yang dibayai dari APBD senilai Rp1,3 miliar.

Sementara di Kelurahan Jebres, taman cerdas terluas di Kota Solo ini siap dipercantik. Alokasi dana senilai Rp2,4 miliar tahun ini untuk taman yang memiliki luas 3.000 meter persegi tersebut akan digunakan untuk melengkapi ornamen taman. Selain itu, nantinya bakal dilengkapi aksesoris seperti robot, lukisan 3 dimensi, dan air mancur.

“Kami berharap dengan adanya alokasi anggaran APBD 2017 untuk pembangunan taman cerdas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik,” jelas Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetyo.

Pembangunan Taman Cerdas 2017 (APBD)

Kelurahan Kratonan (Serengan) Rp1,5 miliar

Kelurahan Bumi (Laweyan) Rp2,1 miliar

Kelurahan Semanggi (Pasar Kliwon) Rp2 miliar

Kelurahan Jebres (Jebres) Rp2,4 miliar

Sumber: Komisi I DPRD Kota Solo 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya