Pemkot Solo Bakal Tambah 3 Rusunawa Baru, Di Sini Lokasinya

Pemkot Solo berencana tambah tiga lagi rumah susun sederhana sewa atau rusunawa untuk menampung warga yang mengantre untuk menghuni hunian murah tersebut.

 Rusunawa Putri Cempo dibangun oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III (Jawa Tengah & D.I.Y.) Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu siap dihuni. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Rusunawa Putri Cempo dibangun oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III (Jawa Tengah & D.I.Y.) Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu siap dihuni. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo berencana membangun tiga rumah susun sederhana sewa atau rusunawa baru menyusul masih banyaknya warga yang mengantre untuk mendapatkan hunian murah tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Solo, Iswan Fitradias, menjelaskan rencana penambahan rusunawa tersebut saat ditemui Solopos.com di Kantor DPKPP Solo, Rabu (18/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ia menceritakan rusunawa pertama di Solo dibangun pada 2004, yakni Rusunawa Begalon di Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan. Hingga saat ini, UPT Rumah Sewa mengelola setidaknya 16 rusunawa. “Tahun 2004 terlama Begalon 1,” katanya.

Kebutuhan masyarakat Solo terhadap rusunawa yang cukup tinggi membuat Pemkot Solo memutuskan tambah tiga rusunawa baru. Iswan mengatakan hingga saat ini, ada 612 pemohon yang mengantre untuk menghuni rusunawa.

Bahkan ada pemohon yang sudah mengantre sejak 2017 lalu. Sementara keterisian rusunawa yang ada telah mencapai 100 persen.

Baca Juga: Walah, Banyak Penghuni Rusunawa Solo Langgar Batas Waktu Penghunian

Banyak juga penghuni rusunawa yang menempati hunian lebih dari waktu perpanjangan Surat Izin Penempatan (SIP) yang telah ditetapkan dalam Perwali Nomor 15 Tahun 2016. Batas perpanjangan masa sewa yakni lima kali atau total enam karena karena SIP harus diperbarui setahun sekali.

Terkait rencana tambah rusunawa di Solo, Iswan mengatakan setidaknya ada tiga lokasi yang sedang dalam proses perencanaan. Tiga lokasi tersebut yakni di belakang Rusunawa Putri Cempo Blok E, belakang Perumahan Solo Elok Mojosongo, dan Pondok Boro Minapadi.

Verifikasi Teknis

“Ada [rencana penambahan], ada tiga lokasi,” katanya. Rencana penambahan rusunawa tersebut, kata Iswan, telah mencapai tahap verifikasi teknis. Proposal sudah diajukan sejak 2020.

Baca Juga: 558 Orang Antre Rusunawa Solo, Yang Sudah Dapat Malah Ogah Menempati

Sebelumnya pada 2019, kepastian pembangunan rusunawa baru didapatkan untuk Rusunawa Blok E Putri Cempo “Kami vakum bantuan pada 2020-2021. Kan yang sudah dipastikan sedang dalam proses pengerjaan,” jelasnya.

Sementara itu, Pondok Boro dinilai sudah tak layak huni. Hal itu dikarenakan luas ruangan yang sempit. Bahkan ada beberapa warga yang memasak di depan ruangan mereka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pada 2017 telah muncul rencana pembongkaran pondok boro tersebut untuk dibangun rusunawa. “Lha itu dua meter kali dua meteran. Sama kos-kosan saja bisa jadi besar kosnya. Masak ya neng ngarep [masak ya di depan rumah],” kata Iswan.

Baca Juga: Gimana Nih, Nunggak Sewa Rusunawa Solo Sampai Belasan Tahun

Sebelumnya, Kepala DPKPP Kota Solo, Taufan Basuki Supardi, menjelaskan telah ada anggaran sekitar Rp3 miliar dari APBD Solo 2022 untuk pengadaan lahan rusunawa. Anggaran tersebut cukup untuk menyiapkan 3.000 meter persegi guna membangun satu rusunawa.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Perputaran Uang di CFS Wonogiri Menurun Drastis, Ini Sebabnya

Perputaran uang di Car Free Sunday (CFS) Wonogiri pada Minggu (3/7/2022) menurun drastis.

Walah! Ternyata Banyak Warga Solo Yang Belum Tahu Aplikasi MyPertamina

Sejumlah warga Solo mengaku belum mengetahui ada aplikasi MyPertamina maupun cara menggunakanya.

Berputar 2 Menitan, Puting Beliung Terjang Ngargoyoso Karanganyar

Puting beliung yang bertiup selama kurang lebih dua menit mengakibatkan satu rumah warga Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, rusak di bagian atap.

3.144 Orang Langgar Aturan Lalin Selama Operasi Patuh 2022 di Wonogiri

Selama Operasi Patuh Candi 2022 di Kabupaten Wonogiri, sebanyak 3.144 orang melanggar peraturan lalu lintas.

PPDB SMA Solo: Laweyan Tak Ada Kelas Virtual, Ini Alasan Disdik Jateng

Disdik Jateng mengaku belum ada kelas virtual untuk para calon siswa di Kecamatan Laweyan, Solo, yang tidak memiliki SMA negeri, apa alasannya?

Cadas! Nyanyi Di Sukoharjo, Eks Vokalis Boomerang Panjat Tiang 15 Meter

Penyanyi rock kawakan eks vokalis Boomerang, Roy Jeconiah, melakukan aksi tak biasa saat manggung di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Disdik Jateng: Tak Ada Zonasi Khusus PPDB Pasar Kliwon-Laweyan Solo

Disdik Jateng memastikan tidak ada zonasi khusus untuk wilayah kecamatan yang tidak memiliki SMA negeri seperti Pasar Kliwon dan Laweyan, Kota Solo, pada PPDB tahun ini.

Geramnya Gibran Soal Pelecehan Seksual JKT 48: The Park Itu Bukan Solo!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan klarifikasi ihwal penyebutan Solo sebagai lokasi insiden pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser.

Alasan Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Inilah alasan di balik pernyataan Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang menyebut Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Soal Pilpres 2024, Rudy Solo: Golek Presiden Angel, Nganggo Mitos Wae

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mendoakan Ketua Umum DPP PDIP agar mempercayai mitos dalam menentukan capres di pilpres 2024.

Rumus Otak-Atik Gatuk Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8

Inilah rumus otak-atik gatuk ala Rudy yang dengan lantang menyebut Ganjar Pranowo sebagai presiden kedelapan RI.

Bermalam di Jl. Mayor Kusmanto Demi Jaga Lapak Jualan di CFD Klaten

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, menjelaskan PKL hanya diperbolehkan menempati kawasan paving di kedua sisi Jl. Mayor Kusmanto.

Lantang! Rudy Solo: Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memprediksi Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Warga Sragen Meninggal Tak Wajar: Mayat Sujud Tapi Kepala Masuk Ember

Warga Sragen diduga meninggal secara tak wajar karena posisi mayatnya seperti sujud, namun kepalanya berada di dalam ember di kamar mandi.

Makam Jenazah Warga Sragen Dibongkar, Meninggal Tak Wajar?

Jenazah warga Sragen yang diduga meninggal tak wajar diautopsi setelah kuburannya dibongkar.