SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menutup tahun 2018 dengan membagikan sejumlah 1.118 Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat. Pembagian 1.118 KIS dilakukan di Pendapi Gede Balai Kota Solo pada Senin (31/12/2018) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, saat ditemui di lokasi kegiatan, mengatakan KIS tidak hanya untuk warga miskin namun juga diperuntukkan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan KIS mandiri yang tidak mampu melanjutkan pembayaran premi karena kondisi ekonomi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Termasuk pekerja penerima upah yang sebelumnya ditanggung perusahaan dan kini tidak bekerja lagi di perusahaan itu. Pada bulan Desember 2018 ini telah terbit kartu JKN KIS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dengan pembiayaan dari APBD Kota Solo untuk 680 KK yang terdiri dari 1.118 jiwa,” ujarnya.

Ia menambahkan 1.118 jiwa tersebut tersebar di seluruh kecamatan yakni Kecamatan Laweyan sebanyak 225 jiwa, Banjarsari terdapat 231 jiwa, Serengan sejumlah 94 jiwa, Pasar Kliwon sejumlah 192 jiwa, dan Jebres terdiri 376 jiwa.

Ia menambahkan Pemkot Solo telah menetapkan Universal Health Coverage (UHC) pada tanggal 27 Juli 2018 dengan kepesertaan JKN KIS sejumlah 95,54 persen penduduk Kota Solo. Menurutnya, saat ini peserta JKN KIS PBI APBD Kota Solo sejumlah 128.988 jiwa. Dengan jumlah itu keseluruhan kepesertaan JKN KIS tercatat sebanyak 549.884 jiwa atau 97,53 persen.

Ia meyakini pada tahun 2019 seluruh warga Kota Solo akan terkaver KIS. Hal itu sebagai wujud pemerintah dalam memenuhi hak masyarakat atas jaminan kesehatan. 

Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, mengatakan masyarakat yang belum memiliki KIS dari pemerintah untuk segera mengurusnya melalui ketua RT atau lurah setempat agar segera memperolehnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya