SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Pemerintah kota Solo berkomitmen untuk mempertahankan luas lahan pertaniannya, ditengah pesatnya pembangunan properti di kota Solo dan sekitarnya. Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Solo Weni Ekayanti, Sabtu (28/5) luas lahan pertanian di kota Solo saat ini hanya sekitar 106 hektar. Menurut Weni, produksi lahan ini mencapai 13 ton setiap tahun, sementara kebutuhan beras di kota Solo, lebih dari 41 ribu ton setiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Solo harus mendatangkan beras dari sejumlah wilayah di Soloraya, melalui Pasar Legi. Upaya mempertahankan lahan pertanian ini, dilakukan sebagai untuk memenuhi ketentuan ketersediaan, 30 persen ruang terbuka hijau di kota Solo.

Lebih lanjut Weni menjelakan, data luas lahan dan produksinya ini, selalu dilaporkan ke pemerintah propinsi, sebagai data ketahanan pangan Jawa Tengah. Meskipun lahan partanian cukup terbatas, namun produksinya terus meningkat sekitar 5 persen setiap tahun. Weni menambahkan, pihaknya terus memberikan pendampingan kepada petani, agar lahan ini dimanfaatkan secara optimal. [SPFM/lia]

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya