SOLOPOS.COM - Gerbang masuk Taman Cerdas Pucangsawit (Dok/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo mendorong pemerintah kelurahan untuk go international.

Solopos.com, SOLO — Delapan Kelurahan di Kota Solo mulai  Go International setelah mengembangkan portal khusus untuk mempromosikan produk UMKM dan potensi wilayah masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), Jackson A. Napitupulu mengatakan portal informasi diujicobakan di delapan kelurahan di Kota Bengawan.

Delapan kelurahan itu adalah Danukusuman, Semanggi, Keprabon, Penumping, Jebres, Kedunglumbu, Tipes serta Pucangsawit. Pemkot memfasilitasi dengan mengintegrasikan website kelurahan ke dalam portal resmi pemerintah.

“Portal informasi ini khusus untuk menjual potensi yang dimiliki masing-masing kelurahan,” katanya dalma jumpa pers kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (10/8/2017).

Dia mengatakan peluncuran website kelurahan bertujuan selain sebagai etalase produk UMKM di setiap kelurahan, juga ajang promosi potensi daerah. Website kelurahan ini terintegrasi dengan laman Pemkot.

“Nanti tinggal klik misalnya untuk kelurahan Semanggi,  kel-semanggi.surakarta.go.id,” katanya.

Dia mengatakan masing-masing kelurahan harus mempublikasikan potensinya, baik pariwisata, UMKM, maupun kebudayaanya melalui laman tersebut. Tidak hanya itu website juga memberikan informasi dalam pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Sedangkan agar website tersebut selalu update, Dinas Kominfo akan membantu pengelolaanya, termasuk melibatkan karang taruna dan juga pelaku UMKM.

“Kalau soal website kurang update nanti kita bantu. Nanti admin ada beberapa pihak umkm dan karang taruna,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Jackson, akan dilakukan bintek dan juga pelatihan bagi pengelola agar website tersebut selalu update. Dengan website tersebut diharapkan seluruh potensi dapat terpublikasi, begitu pula untuk promosi UMKM. Selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ke depan portal khusus ini juga akan diteruskan ke kelurahan lain di Kota Bengawan. Selain sebagai upaya promosi wilayah, juga meningkatkan penjualan produk-produk UMKM ke pangsa internasional.

Salah satu penanggungjawab website kelurahan, Jovan Anurwa berharap promosi melalui situs tersebut bisa ditiru oleh kelurahan lain. “Kami siap membuatkan link baru untuk kelurahan lainnya. Yang jelas, kami selalu standby untuk mengunggah materi-materi yang dikirimkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya